BIJB Kertajati Diusulkan Jadi Tempat Kedatangan Peserta Piala Dunia U-17

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin saat meninjau BIJB Kertajati Majalengka. Dokumentasi/ Istimewa Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin saat meninjau BIJB Kertajati Majalengka. Dokumentasi/ Istimewa

 

Majalengka: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati saat ini sedang berbenah untuk menghadapi pengoperasian maksimal pada akhir Oktober 2023. Bandara ini diusulkan menjadi tempat kedatangan peserta Piala Dunia U-17 karena Jawa Barat menjadi salah satu lokasi penyelenggaran.

Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin segera melobi Ketua PSSI Erick Thohir untul mengusulkan BIJB menjadi bandar kedatangan. “Saya akan mencoba untuk melobi ketua PSSI,” kata Bey di Majalengka dilansir dari Medcom.id, Selasa, 10 Oktober 2023.

Bey turun langsung untuk memantau operasi BIJB guna memastikan kesiapan sejumlah sarana dan pra sarana di bandara tersebut. Apalagi, BIJB segera menerima pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Sebanyak delapan negara peserta akan berlaga di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung pada Piala Dunia U-17 . Bey berharap beberapa peserta Piala Dunia U-17 yang akan bertanding bisa menggunakan Bandara Kertajati sebagai tempat kedatangan.

“Minimal satu atau dua negara, yang bisa mendarat di Kertajati,” jelasnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni juga memastikan nantinya akan ada insentif bagi maskapai yang pindah ke Bandara Kertajati. Insentif yang akan diberikan rencananya berupa pembebasan landing fee ataupun parking fee.

“Insentif nya sedang dibahas dulu, tapi pasti ada, misalnya landing fee atau mungkin parking fee. Jadi bukan tarif ke penumpang, melainkan insentif ke maskapai,” kata Maria.

Maria menambahkan, rute penerbangan internasional ke depannya kemungkinan akan bertambah di BIJB. “Maskapai internasional akan ada pertambahan, tapi sekarang baru Kuala Lumpur dulu,” ucap Maria.
(Kanaya Hairunissa)



(SUR)

Berita Terkait