Waspada Cuaca Ekstrem, Nelayan Cianjur Diimbau Tak Melaut

Gelombang tinggi masih terjadi di pesisir selatan Cianjur, Jawa Barat, seperti di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidauan. Foto: /Ahmad Fikri Gelombang tinggi masih terjadi di pesisir selatan Cianjur, Jawa Barat, seperti di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidauan. Foto: /Ahmad Fikri

Cianjur: Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Rudi Wibowo, mengimbau para nelayan tak melaut hingga pekan depan. Sebab, cuaca ekstrem diprediksi melanda wilayah Cianjur, Jawa Barat, dengan status waspada.

"Kami mengimbau seluruh warga yang tinggal di wilayah rawan bencana mulai dari utara hingga selatan Cianjur, khususnya nelayan agar berhati-hati saat melaut terutama siang hari karena diperkirakan akan terjadi angin kencang," kata Rudi, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 13 Mei 2022.

Baca: Nelayan di Pantai Selatan Cianjur Berhenti Melaut, Ini Penyebabnya

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan sebagian besar wilayah Cianjur akan diguyur hujan disertai angin kencang, terutama di pesisir selatan. Bagi nelayan yang terpaksa melaut, diminta untuk menghindari berangkat pada siang hari dan jeli membaca situasi.

"Jangan sampai memaksakan diri ketika cuaca ekstrem karena resikonya nyawa, namun nelayan di Cianjur sudah lebih jeli karena sudah biasa membaca tanda alam kapan harus melaut atau tidak," tegas Rudi.

Pihaknya menyiagakan ratusan Relawan Tangguh Bencana (Retana) untuk mengawasi, mengimbau dan melakukan tindakan cepat apabila terjadi kecelakaan laut. Sekaligus melakukan koordinasi dengan aparat setempat.



(UWA)

Berita Terkait