Polres Tasikmalaya Kota Turunkan Personel untuk Bantu Korban Banjir

Personel kepolisian siap diterjunkan untuk membantu korban banjir di wilayah Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Rabu (26/10/2022). (ANTARA/HO-Polresta Tasikmalaya) Personel kepolisian siap diterjunkan untuk membantu korban banjir di wilayah Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Rabu (26/10/2022). (ANTARA/HO-Polresta Tasikmalaya)

Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya Kota pada Rabu, 26 Oktober 2022 mengerahkan personelnya. Guna membantu korban banjir di wilayah Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Kepala Satuan Samapta Polres Tasikmalaya Kota AKP Sunarto menyebut petugas yang diterjunkan untuk membantu evakuasi korban banjir, membersihkan lingkungan terdampak, dan menyalurkan bantuan pangan bagi korban banjir.

“Pagi ini Tim SAR Samapta diberangkatkan ke lokasi untuk membantu evakuasi dan membawa 100 karung beras untuk warga terdampak banjir,” ujar Sunarto, dilansir dari Antara, Rabu, 26 Oktober 2022.

Hujan deras membuat air Sungai Citanduy dan Cikidang meluap dan membanjiri permukiman warga di Kampung Hegarsari dan Bojongsoban di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik. Kapolsek Sukaresik Iptu Asep Saefullah menyebut banjir 40-60 sentimeter, pada Rabu, 26 Oktober 2022, dini hari.

“Air telah merendam sekitar 10 hektare sawah yang siap panen. Banyak rumah terendam air dengan ketinggian air 40 sampai 60 cm. Sementara (warga) lansia dan anak-anak sudah mengungsi di Pesantren Al Mutaali,” ujar Asep.

Instansi pemerintah terkait telah menurunkan petugas guna mendata dan menangani dampak banjir di wilayah itu. Polres Tasikmalaya Kota berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi pemerintah lain untuk membantu warga yang mengungsi lantaran rumahnya terkena banjir.



(SUR)

Berita Terkait