Waspada, 7 Kebiasaan Ini Bikin Perut Buncit!

Tanda kelebihan berat badan adalah perut buncit (Foto: Freepik) Tanda kelebihan berat badan adalah perut buncit (Foto: Freepik)


Penyebab utama perut buncit adalah penumpukan lemak di perut. Jika dibawa dalam jangka waktu yang lama, lemak yang biasa disebut lemak viseral ini dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. 

Ternyata, banyak kebiasaan yang dapat menyebabkan perut membuncit. Dirangkum dari Hellosehat.com, berikut beberapa kebiasaan yang harus ditinggalkan untuk menghindari kondisi tersebut:

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Perut Hamil dan Buncit Karena Lemak

1. Kurang tidur

Penelitian dari Journal of Clinical Sleep Medicine membuktikan bahwa kurang tidur dapat menambah berat badan. Kurang tidur tidur juga berpotensi membuat Anda lebih banyak makan. Tentunya kondisi ini akan menambah lemak di perut.

2. Makan saat emosi

Makanan kerap dianggap sebagai pengalih perhatian seseorang dari hal yang mengganggu pikiran. Sayangnya, kebiasaan ini justru membuat tubuh memperoleh asupan kalori berlebih. 

Makan saat emosi (emotional eating) adalah kondisi ketika Anda makan untuk mengatasi rasa sedih, depresi, stress, atau kesepian. Tindakan ini berpotensi mengganggu pilihan makanan sehat dan menyebabkan lemak perut menumpuk. 

3. Mengunyah terlalu cepat

Sinyal lapar harus berpindah dari perut dan usus ke otak saat seseorang makan. Sementara itu, otak perlu sekitar 20 menit untuk menghentikan keinginan makan. Bila makan terlalu cepat, tubuh akan mengonsumsi lebih banyak makanan dalam 20 menit.

Kebiasaan ini bisa membuat Anda makan berlebihan. Akhirnya, perut Anda akan membuncit akibat terlambat menerima sinyal rasa kenyang. 

4. Olahraga tidak teratur

Olahraga bisa menjadi cara membakar lemak di perut hanya bila dilakukan dengan benar dan teratur. Sebelum berolahraga, sebaiknya ketahui dahulu berapa ukuran lingkar pinggang Anda. Ini untuk mengetahui durasi dan jenis olahraga yang diperlukan. 

Baca juga: Suka Sakit Perut Saat Lari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Terlalu sering makan makanan berminyak

Gorengan atau makanan yang digoreng dalam waktu berlebih mengandung kalori, garam, dan lemak yang tinggi. Lemak trans pada gorengan terbentuk saat minyak nabati diubah secara kimiawi agar tetap padat. 

Sementara itu, asupan lemak trans yang tinggi bisa meningkatkan berat badan. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan berminyak bisa membuat perut Anda membuncit.

6. Jarang minum air

Meningkatkan asupan cairan dapat mempercepat lipolisis atau proses tubuh membakar lemak untuk energi. Beberapa ahli juga berpendapat bahwa air dapat menambah volume sel yang berperan penting dalam metabolisme lemak. 

7. Makan larut malam

Makan larut malam, lalu berbaring setelahnya bisa memicu GERD serta masalah pencernaan lain. Kondisi ini terjadi karena perubahan gravitasi. Sehingga tubuh tidak dapat menarik makanan di perut menuju organ pencernaan selanjutnya.



(SUR)

Berita Terkait