6 Olahan Aci Khas Sunda yang Go Nasional

Ilustrasi Cilok Sumber: Pinterest Ilustrasi Cilok Sumber: Pinterest

Dadali:  Sudah tidak diragukan lagi kuliner dari tanah Pasundan merupakan kuliner lezat dan menjadi yang populer di Indonesia. Salah satunya adalah camilan yang berbahan dasar tepung tapioka atau dalam bahasa Sunda disebut dengan nama aci.

Banyak makanan khas Sunda yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, seperti seblak, batagor, siomay dan lainnya. Tidak hanya itu, kali ini ekspansi kuliner khas Sunda berbahan dasar aci turut go nasional dan menjadi jajanan yang populer.

Penasaran? Yuk, lihat apa aja camilan khas Sunda berbahan dasar aci yang sudah go nasional.

1.Cilok

 embed
Sumber: Pinterest/Ilustrasi Cilok

Olahan aci khas Sunda yang cukup populer pertama adalah cilok. Cilok merupakan singkatan dari aci yang dicolok. Dinamakan demikian karena cara menyantapnya dengan cara ditusuk dengan tusukan sate alias dicolok dulu.

Cilok dibuat dari aci yang dibentuk bulat, lalu diberi bumbu kacang, saus sambal, atau kecap. Biasanya ditambahkan irisan daging atau telur

2. Cimol
embed

Sumber: Resepkoki.id

Untuk yang kedua adalah cimol  atau singkatan dari aci digemol,  artinya tepung aci dibuat bulat-bulat. Camilan ini serupa dengan cilok namun, perbedaan keduanya terletak pada cara membuatnya.

Cimol dibuat dengan cara digoreng sehingga teksturnya garing di luar tapi tetap kenyal di dalam. Selain itu, cimol disajikan dengan taburan bubuk cabai atau bubuk bumbu kering .

 

3. Cireng
embed

Sumber: Resepkoki.id

Berikutnya ada cireng, mungkin camilan ini adalah yang paling familiar untuk masyarakat Indonesia. Seperti yang kita tahu cireng adalah singkatan dari aci yang digoreng. Walaupun digoreng, cireng dan cimol sangat berbeda.

Cireng punya bentuk bulat pipih. Adonannya juga dibumbui dengan bawang putih, daun bawang, dan garam terlebih dahulu. Untuk menyantapnya cireng biasanya dilengkapi dengan berbagai sambal, seperti sambal rujak, sambal cabai dan lainnya.


4. Cilung
embed

Sumber: Sukita.info


Selanjutnya ada cilung. Cilung sendiri  merupakan singkatan dari aci yang digulung. Sesuai dengan namanya, cilung memang dibuat dengan cara digulung.

Kalau kamu melihatnya sekilas mirip sekali dengan telur gulung karena sama-sama digulung menggunakan tusuk sate. Namun, cilung tidak menggunakan telur melainkan aci sebagai bahan dasarnya.


5. Cilor

embed
Sumber: Instagram.com @mdnfoodstory

Cilor sendiri merupakan singkatan dari aci telur. Jajanan ini menggunakan bahan adonan aci yang ditusuk, lalu digoreng dengan telur. Tekstur kriuk dari telur dan kenyal dari aci menjadi kenikmatan tersendiri ketika memakannya.

 

6. Cimin

embed
 
Sumber: Instagram.com @lindapratiwi_moti

Untuk yang terakhir ada cimin, atau cilok mini. Walau digolongkan sebagai cilok namun cimin sangat berbeda. Cimin berbentuk kotak-kotak kecil yang digoreng bersama telur di atas cetakan martabak mini.

Kemudian untuk bumbu yang digunakan juga bubuk kering seperti bubuk cabai atau keju.


Itulah beragam jajanan khas sunda berbahan dasar aci yang sudah go nasonal. Kalau Anda suka yang mana aja nih?

Baca juga:  5 Makanan yang Sempat Hits saat Pandemi, yang Terakhir Wajib Coba!



(NAI)

Berita Terkait