Ini Tips Agar Mobil Kamu Tetap Terawat Selama Musim Hujan

Mencuci mobil setelah terkena hujan wajib dilakukan untuk menghilangkan air hujan di mobil/Medcom.id Mencuci mobil setelah terkena hujan wajib dilakukan untuk menghilangkan air hujan di mobil/Medcom.id

Dadali: Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia mempertandakan kini sudah memasuki musim hujan. Diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan akan mencapai puncaknya pada Januari hingga Februari 2021.

Biasanya pemilik mobil merasa khawatir ketika memasuki musim hujan. Bagaimana tidak? Mobil yang sering berhadapan dengan genangan air, lumpur dan siraman dari intensitas hujan yang terus-menerus, pasalnya bisa memberikan dampak yang tidak baik ke mobil kesayangan Anda.

Untuk itu, sangat diperlukan perawatan berkala yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Dilansir dari beberapa sumber yang ada, berikut tips-tips agar mobil Anda tetap terawat selama musim hujan.

1. Jangan biarkan air hujan kering di mobil

Air hujan yang tampak seperti air pada umumnya, ternyata mengandung zat asam yang bisa merusak cat mobil apabila dibiarkan mengering.

Tentunya, tidak tepat juga kalau Anda langsung mengeringkan mobil dengan lap setelah terkena hujan. Sebab, setelah kehujanan di perjalanan, terdapat kotoran dan pasir halus yang menempel pada bodi mobil. Jika langsung dilap, maka akan meninggalkan goresan halus pada cat mobil Anda.

Karena itu, gunakan sabun pencuci mobil untuk membersihkan kotoran yang menempel terlebih dahulu. Kemudian, bilas dengan air bersih  dan keringkan mobil sampai tidak ada sisa air.

2. Rajin bersihkan area kaca

Selain merusak cat mobil, air hujan yang mengering pada area kaca dapat menimbulkan jamur. Kaca mobil yang sudah berjamur, pastinya akan meninggalkan noda yang bisa menganggu pandangan Anda selama menyetir.

Sebaiknya, Anda bersihkan kaca mobil Anda secara rutin dengan menggunakan kain microfiber. Dan apabila kaca mobil Anda sudah terlanjur dihinggapi jamur, jangan khawatir, gunakan cairan khusus yang biasa dijual di toko aksesoris mobil untuk menghilangkannya.

3. Pasang pelapis tambahan pada lantai mobil

Tak hanya eksteriornya, interior mobil pun harus menjadi perhatian saat memasuki musim hujan. Alas kaki yang basah dan berlumpur akibat genangan air hujan bisa membuat lantai mobil basah dan timbul jamur, sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Guna menghindari hal tersebut, tambahkan karpet sebagai pelapis lantai mobil. Tapi jangan asal pilih lho, hindari karpet berbahan beludru dan gunakan karpet yang tidak menyerap air, seperti berbahan dasar karet. Selain itu, Anda juga bisa membersihkannya dengan mudah.

4. Aplikasikan silicone spray

Yang tak kalah penting, namun seringkali dilupakan untuk dirawat adalah bagian karet kaca mobil. Karet kaca yang sering terkena hujan dan terpapar panas akan lebih cepat rusak dan getas. Fungsinya pun menjadi tidak maksimal.

Solusinya, semprotkan cairan silikon pada bagian karet kaca untuk merawat dan melumasinya. Lebih lanjut, cairan silikon ini juga bisa digunakan pada wiper, seal yang kaku dan juga untuk membersihkan dashboard mobil.

5. Parkirkan mobil di tempat yang tak terjangkau hujan

Hal mudah lainnya yang dapat dilakukan untuk merawat mobil Anda tanpa menggunakan alat ataupun mengeluarkan tenaga adalah parkirkan mobil Anda di tempat yang tertutup. Jadi mobil Anda tidak lagi kotor karena terkena air hujan.

Apabila hanya terdapat tempat parkir yang terbuka dan garasi rumah Anda juga tidak tertutup, maka gunakan cover mobil untuk melindunginya dari air hujan.



(SYI)

Berita Terkait