Dinkes Catat 36 Warga Bandung Positif Covid-19 Saat Libur Lebaran, Kebanyakan dari Tempat Wisata

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat adanya temuan 36 warga yang positif covid-19. Hasil ini berdasarkan random samping yang didapatkan melalui tes rapid antigen saat libur Lebaran 2021. Temuan kasus kebanyakan berada di tempat wisata.

Tes rapid antigen secara acak ini dilakukan di 14 lokasi. Yakni delapan titik posko cek poin dan enam tempat wisata yang mengalami peningkatan pengunjung saat libur pascalebaran.
 
"Dari 890 tes, dapat 36 orang positif. Artinya itu berkeliaran para OTG (Orang Tanpa Gejala)," kata Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat, 21 Mei 2021, seperti dilansir dari Medcom.id.

Sebanyak 36 kasus positif tersebut ditemukan di Taman Lalulintas sebanyak 23 orang, Kebun Binatang Bandung 7 orang, dan pintu Tol Mohammad Toha 2 orang. Sedangkan satu titik lain yaitu saat demonstrasi di Kota Bandung dengan temuan kasus 4 orang.

Baca juga: Satgas Covid-19 Bekasi Datangi Sejumlah Rumah Pemudik, Untuk Apa?
 
Tidak semua warga positif covid tersebut berasal dari Kota Bandung. Beberapa di antaranya adalah warga Bandung Raya, yakni dari Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Batat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Hasil temuan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh pihak puskesmas sesuai alamat domisili warga. Baik pelacakan dan isolasi mandiri pada pasien positif covid-19. 
 
"Kalau yang luar Kota Bandung, teman-teman surveilans langsung kontak memberikan datanya. Di situ pentingnya ada identitas KTP dan nomor telepon," ucap Ahyani. (Roni Kurniawan)



(SYI)

Berita Terkait