Sejumlah Kecamatan di Sukabumi Diterjang Longsor dan Banjir, Putus Akses Jalan dan Rusak Rumah Warga

Satu rumah warga di Kampung Pasir Muncang, Desa Kalaparea, Kecamatan Nagrak rusak setelah tanah longsor. Antara/Aditya Rohman Satu rumah warga di Kampung Pasir Muncang, Desa Kalaparea, Kecamatan Nagrak rusak setelah tanah longsor. Antara/Aditya Rohman

Sukabumi: Beberapa kecamatan di  Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dilanda bencana tanah longsor dan banjir lumpur. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyebut bencana tersebut terjadi karena cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir.

"Bencana tersebut dipicu cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Sukabumi di mana hujan deras disertai angin kencang hampir turun sepanjang hari sejak Jumat, 24 November hingga Sabtu, 25 November," kata Humas BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria, dikutip dari Medcom.id Sabtu, 26 November 2023.

Bencana ini mengakibatkan beberapa Kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat mengalami dampak yang sangat signifikan, mulai dari akses jalan yang terputus serta beberapa rumah warga dan fasilitas umum yang rusak akibat bencana ini.

Sebelumnya, Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto menyampaikan BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.
 
"Kondisi cuaca dan iklim di seluruh wilayah Indonesia saat ini menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia," katanya



(SUR)

Berita Terkait