Puluhan Rumah Warga di Indramayu Rusak Diterjang Gelombang Pasang

Suasana rumah warga yang rusak diterjang ombak di desa Kertawinangun, Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym) Suasana rumah warga yang rusak diterjang ombak di desa Kertawinangun, Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym)

Dadali.id: Gelombang pasang disertai angin kencang melanda Desa Kertawinangun, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu mencatat lebih dari 20 rumah warga rusak parah.

"Totalnya ada 21 rumah warga yang rusak akibat gelombang pasang," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar, dikutip dari Antara, Selasa, 3 Januari 2023.

Menurut Oce, puluhan rumah yang rusak rata-rata ambruk di bagian dinding. Bahkan ada yang rata dengan tanah setelah diterjang gelombang pasang.

Ia menjelaskan gelombang pasang terjadi pada akhir tahun 2022, dimana kejadian itu berlangsung hingga beberapa hari, sehingga rumah warga yang persis berada di samping bibir pantai langsung terdampak.

Oce menambahkan total ada 384 jiwa dari 118 KK yang terdampak gelombang pasang, dan mereka sempat mengungsi ke rumah kerabat yang terdekat, sedangkan sisanya ada yang mengungsi di fasilitas umum.

Pemerintah Kabupaten Indramayu, lanjut Oce, saat ini sedang berupaya melakukan pendataan guna merelokasi rumah warga yang menjadi langganan bencana gelombang pasang.



(SUR)

Berita Terkait