Ambulans Bawa Bayi Baru Lahir Tabrakan dengan Truk Boks di Ciamis

Ilustrasi Medcom.id Ilustrasi Medcom.id
Ciamis: Sebuah mobil ambulans Rumah Sakit Dadi Keluarga (RSDK) Ciamis yang membawa seorang pasien balita usia 3 hari dalam inkubator kecelakaan dengan truk boks di Kampung Tonjong, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kedua kendaraan dalam kondisi terbalik setelah mengalami kecelakaan.

Kasat lantas Polres Ciamis, AKP Asep Iman Hermawan mengatakan, kedua kendaraan tidak bisa menghindari tabrakan setelah mobil ambulans dengan nomor polisi R 9704 BR membawa pasien menerobos lampu merah. Kedua mobil langsung terbalik dan terjungkal.

"Rambu-rambu lalu lintas dari arah truk boks dengan kondisi lampu hijau hingga truk tetap melaju, sedangkan dari arah ambulans lampu merah hingga pengemudi terus menerobos tengah membawa pasien menuju rumah sakit di Tasikmalaya," ujar AKP Asep Iman, dikutip dari Media Indonesia, Kamis, 23 Februari 2023.

Dalam kejadian tersebut, beruntung seluruh penumpang selamat dan hanya mengalami luka ringan. "Dalam kecelakaan itu, mobil ambulans yang membawa enam orang mulai sopir, perawat, pasien dan tiga keluarga pasien mengalami luka ringan langsung dilarikan ke RSUD Ciamis hingga ke RS Permata Bunda," katanya.

Lebih lanjut, Asep menyampaikan, menurut aturan Undang-Undang ambulans ada prioritas, namun harus juga mempertimbangkan pengemudi lain.

"Kami tetap menghimbau kepada para sopir ambulan yang mana mereka memiliki aturan perundang-undangan tetap menjadi prioritas agar mempertimbangkan keselamatan untuk pengemudi lainnya," ungkapnya.

(SUR)

Berita Terkait