Gubernur Kang Emil Jamin Jabar Komitmen Kembangkan Pencak Silat

Gubernur Jawa Barat M Rdwan Kamil pada pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar) Gubernur Jawa Barat M Rdwan Kamil pada pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bertekad mengembangkan olahraga dan pencak silat.  Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebut pencak silat harus terus berprestasi dalam tingkat nasional dan internasional.

Salah satu bentuk dukungan Jawa Barat ialah menyediakan lahan 8 hektare untuk padepokan pencak silat di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.  Arsitektur padepokan ini didesain Ridwan Kamil.

“Pencak silat di Jawa Barat adalah budaya nomor satu. Kami lestarikan dalam bentuk kurikulum, dalam rencana membuat padepokan di Jatinangor. Kita lestarikan dengan mengumandangkan hari Pencak Silat Jabar 12 Desember,” kata Ridwan, dilansir dari Antaranews.com, Selasa, 13 September 2022.

Jawa Barat berusaha menjadi yang terdepan dalam memfasilitasi berbagai macam olahraga, termasuk pencak silat yang sering berprestasi baik di tingkat nasional ataupun internasional. “Kontingen Jabar berhasil menjadi juara umum baik di PON maupun di perhelatan internasional,” ujarnya.

Ridwan Kamil yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut berharap pencak silat tak hanya sukses sebagai cabang olahraga, seni dan budaya. Namun, juga sebagai media pembentukan watak dan karakter unggul dan tangguh. Pencak silat dapat menjadi salah satu nutrisi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pengurus baru Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat dilantik oleh Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto yang mengapresiasi kecintaan Kang Emil terhadap pencak silat. Termasuk komitmen menyediakan lahan untuk padepokan pencak silat.

“Kita berterima kasih. Kita akan diskusikan nanti, kita akan lihat. Beliau arsitek, katanya sudah desain sendiri. Kita akan lihat bagaimana kontribusi kepada kampung padepokan pencak silat Jabar,” ujar Prabowo.

Prabowo meminta pengurus baru IPSI Jawa Barat untuk membina generasi penerus bangsa yang kuat dan tahan banting, serta jujur. “Begitu banyak prestasi dan sumbangan Jabar kepada kehormatan budaya kita. Pencak silat adalah warisan budaya nenek moyang kita,” katanya.

IPSI Jawa Barat Periode 2022-2026 dipimpin oleh Phinera Wijaya. Dia dipilih pada Musyawarah Provinsi XI di Hotel Preanger Bandung pada Selasa, 11 Januari 2022.

 

BACA: Peringati Haornas 2022, Wapres Gelorakan Semangat Olahraga



(SUR)

Berita Terkait