Dampak El Nino, 5 Kecamatan Di Subang Alami Krisis Air Bersih

Ilustrasi kekeringan/ Medcom.id Ilustrasi kekeringan/ Medcom.id

Subang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang mencatat lima kecamatan di Subang, Jawa Barat, masih dilanda krisis air bersih imbas fenomena El Nino. Kelima kecamatan yang dilanda kekeringan yaitu Kecamatan Ciater, Jalancagak, Serangpanjang, Dawuan, dan kecamatan Subang.


“Warga di lima kecamatan itu sangat membutuhkan air bersih, sehingga kami masih terus melakukan pendistribusian air bersih ke warga di lima kecamatan tersebut,” kata Udin Jazudin dilansir dari Medcom.id, Rabu, 11 Oktober 2023.

Selama musim kemarau, BPBD Subang mendistribusikan air bersih ke daerah yang mengalami kekeringan. Warga pun bisa langsung mengajukan permintaan air bersih.

BPBD Subang juga menyiapkan penanganan jangka panjang dengan pembuatan sumur bor di setiap kecamatan. Khususnya di kecamatan yang rawan bencana kekeringan.

“Jadi, masing-masing kecamatan, khususnya yang rawan kekeringan, bisa segera mengusulkan untuk pembuatan sumur bor itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Subang Ruhimat berkonsultasi ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait dengan pembuatan sumur bor tersebut. Dalam pelaksanaanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan dibantu oleh BNPB.
(Kanaya Hairunissa)



(SUR)

Berita Terkait