Backpacker Sendirian? No Worry, Simak Tipsnya!

Ilustrasi-Freepik Ilustrasi-Freepik

Dadali: Kamu pikir traveling harus selalu ramai-ramai? Tentu tidak. Realitanya, kamu juga bisa jalan-jalan sendirian dan bisa menikmatinya. Bahkan, kamu juga bisa backpacker sendirian.

Enggak hanya di luar negeri, di Tanah Air, sudah banyak orang yang terbiasa melakukan backpacking sendirian. Dengan melakukannya, mereka justru merasa lebih bebas dalam menikmati liburan tanpa perlu harus bergantung dengan orang lain. 

Backpacking sendirian tidak melulu menyenangkan. Bagi banyak orang, melakukannya berarti harus berani menanggung risikonya sendiri. Yap, banyak backpacker solo yang jadi korban kriminalitas seperti dicopet atau bahkan mendapatkan pelecehan. Kalau ada temannya, minimal ada yang saling menjaga, ya.

Meski begitu, jika ingin backpacking sendirian ada tips yang perlu kamu perhatikan. Apa saja, ya? Yuk, simak!

Pilih tujuan yang sesuai dengan yang kamu inginkan

Karena kamu jalan-jalan sendirian, kamu bebas memilih apa pun sendiri. Tujuan wisata yang ingin dilihat, seperti apa penginapan yang ingin kamu tuju hingga jenis transportasi apa yang akan dicoba.

Misalnya, ada orang yang ingin naik bus jarak jauh seperti ke Sumatra hingga ke ujung utara di Aceh sana demi mendapatkan pengalaman perjalanannya. Ada juga yang ingin wisata kuliner di Pontianak. Lakukan saja yang benar-benar kamu ingin lakukan. Lagipula, kamu sendirian juga, kan?

Rencanakan dengan baik

Meskipun kamu bisa menentukan apapun sendirian, bukan berarti kamu bisa sembarangan melakukannya. Ingat, kamu bakal melakukan perjalanan jauh. Jadi, kamu harus merencanakan segalanya dengan baik agar kamu bisa menikmati jalan-jalan dengan maksimal.

Pastikan kamu melakukan riset dulu, ya. Jadi, kamu tahu berapa uang yang harus kamu siapkan, berapa biaya transportasi, atau harga makanan di tempat tujuan, bahkan cuaca yang pas buat jalan-jalan. Selain itu, kamu juga bisa menghindari area yang rawan kriminalitas.

Jaga kesehatan

Karena sendirian, kamu pun harus benar-benar menjaga kesehatan selama backpacking sendirian. Ingat, kalau sakit, enggak ada yang bakal menolong atau menjagamu.

Perhatikan kebersihan dan apa yang kamu makan. Apalagi, kalau kamu sampai punya alergi, hati-hati deh. Selain itu, siapkan peralatan agar kamu enggak mudah hujan-hujanan. Pastikan juga kamu beristirahat dengan cukup.

Ingat ya, dengan melakukan backpacker sendirian, bisa jadi waktumu jadi lebih leluasa untuk jalan-jalan. Tapi, pastikan kamu menerapkan tips-tips ini agar jalan-jalanmu jadi semakin menyenangkan. Enjoy!



(RAO)

Berita Terkait