Waduh, Akun Instagram Disdukcapil Kota Bekasi Diduga Kena Hack

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Akun Instagram Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, @disdukcapil_kotabekasi, diduga kena hack. Akibatnya, akun Instagram yang telah memiliki 12 ribu lebih followers itu tidak dapat diakses lagi.
 
Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, Taufiq Rachmat Hidayat, menjelaskan pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas informasi yang disampaikan kepada masyarakat termasuk melalui Instagram. Tujuannya agar informasi mengenai pelayanan administrasi kependudukan dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat Kota Bekasi.
 
"Sehingga ketika ada oknum yang tidak bertanggung jawab mencoba menghambat proses publikasi informasi pelayanan, hal itu merupakan tindakan sabotase pelayanan publik," kata Taufiq, seperti dilansir dari Medcom.id, Jumat 12 November 2021.

Kini Disdukcapil Kota Bekasi telah mengganti akun baru, yaitu @disdukcapilkotabekasi. Hal itu berdasarkan informasi yang tercantum dalam Nota Dinas Disdukcapil, kepada Bagian Humas, Nomor: 065.2/3980/Disdukcapil.PPID, tertanggal 09 November 2021.

Baca: Mengenal 3 Jenis Hacker yang Terdapat di Dunia Digital

Sekretaris Disdukcapil Kota Bekasi, Ridwan AS mengajak masyarakat dapat mengikuti akun Instagram Disdukcapil yang baru. Selain itu, Ridwan juga meminta masyarakat untuk berhenti mengikuti dan melaporkan akun lama. 
 
"Mohon kerja samanya untuk segera berhenti mengikuti akun Instagram @disdukcapil_kotabekasi, serta laporkan kepada pihak Instagram agar akun lama dapat segera dinonaktifkan serta terhindar dari penyalahgunaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab," tuturnya.
 
Kepala Bagian Humas Kota Bekasi, Sajekti Rubiyah, mengimbau agar setiap admin akun media sosial Pemkot Bekasi selalu berhati-hati dan waspada dalam mengelola akun-akun yang ada. "Saran saya, ikuti tips-tips yang ada di dunia maya, terutama dari sumber yang sahih. Agar akun media sosial tidak dapat di-hack oleh oknum nakal," tuturnya.



(RAO)

Berita Terkait