86 Korban Gempa Dirawat di RSUD Cianjur

Plt. Dirut RSUD Cianjur Darmawan Setiabudhi. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Plt. Dirut RSUD Cianjur Darmawan Setiabudhi. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Sebanyak 86 korban gempa dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur, Rabu, 23 November 2022. Ratusan korban yang sebelumnya juga dirawat di RSUD Cianjur telah dipulangkan atau dirujuk ke Rumah Sakit lain. 

"Jadi ada yang dirujuk ke 11 rumah sakit, yakni ke RSHS Bandung, RS Sukabumi, RS Samsudin, RS Ujungberung, RS Santosa, RS Boromeus, RS Ciawi, dan lainnya, semuanya 11 rumah sakit," kata Plt. Direktur Utama RSUD Sayang Cianjur Darmawan Setiabudhi, dikutip dari Antara, Rabu, 23 November 2022. 

Dia mengatakan sejumlah pasien tersebut dirawat di tenda karena pihak RSUD masih menunggu pengecekan kelayakan gedung oleh  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain ruang perawatan, RSUD Cianjur juga membuka  enam poli pelayanan umum di tenda tersebut. 

"Baru enam dulu, tapi sebentar lagi semuanya akan buka, dan sementara ini di tenda dulu," tutur Darmawan. 

Diketahui gempa berkekuatan 5,6 skala richter (SR) mengguncang Cianjur, Senin, 21 November 2022. Musibah itu mengakibatkan 268 korban tewas.

Sebanyak 1.083 orang mengalami luka-luka. Sedangkan 58.362 orang dalam pengungsian. 

Baca Juga: Seorang Ibu Korban Gempa Cianjur Terjang Reruntuhan demi Selamatkan Anak



(UWA)

Berita Terkait