Kembali Memakan Korban, Ini Fakta Mengerikan Jalan Cadas Pangeran

Sumber: Jabarprov.go.id Sumber: Jabarprov.go.id

Dadali:  Baru-baru ini, fenomena mistis kembali ramai menjadi perbincangan netizen khususnya masyarakat Jawa Barat. Sebab, terdapat seorang pria yang hilang secara misterius di jalan Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat.

Pria tersebut diketahui bernama Yana Supriatna. Dihimpun dari berbagai informasi, Yana merupakan Warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan. Diketahui Yana menghilang setelah memberi tumpangan motor kepada orang yang tidak dia kenal di kawasan angker itu.

Ternyata, jalan yang dibangun saat masa kolonial Belanda ini memang sudah terkenal dengan berbagai mitosnya yang dapat membuat bulu kuduk merinding, lho.

Dihimpun dari Jabarprov.go.id, berikut beberapa fakta mengerikan yang terdapat di Jalan Cadas Pangeran ini.

1. Dibangun 1809
Proyek jalan ini dimulai pada 1809 saat masa kolonial Belanda di bumi Nusantara. Jalan Cadas Pangeran membentang sepanjang tiga kilometer dan berada di barat daya Kota Sumedang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

2. Karakteristik jalan
Memiliki panjang kurang lebih tiga kilometer, jalan ini dinilai berbahaya lantaran memiliki tikungan berkelok tajam, serta sejumlah tanjakan dan turunan curam.

Tak hanya itu, salah satu sisinya berhadapan langsung dengan jurang yang di bawahnya terhampar hutan. Sementara di sisi lainnya berdiri tinggi tebing cadas yang ditumbuhi pepohonan rapat.

Tercatat, banyak kecelakaan terjadi di ruas jalan ini. Alhasil, para pengendara mesti ekstra hati-hati kala melewatinya.

Baca juga: Ditodong Rekomendasi Nama Anak oleh Perempuan Hamil, Ini Jawaban Ridwan Kamil

3. Terdapat makam misterius
Tak banyak yang mengetahui, area sekitar Cadas Pangeran terdapat beberapa makam dengan batu nisan tanpa nama. Makam-makam tersebut diyakini warga setempat merupakan tempat peristirahatan terakhir para pekerja paksa atau rodi pada masa Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Daendels.

Bukan hanya makam para pekerja paksa, masih di sekitar kawasan Cadas Pangeran terdapat batu yang juga diyakini masyarakat setempat sebagai petilasan Pangeran Kornel atau Pangeran Kusumadinata IX, yang menentang kesewenang-wenangan Daendels terhadap masyarakat Sumedang.

4. Dijaga berbagai siluman
Menurut seorang kuncen di Jalan Cadas Pangeran, jika jalan raya yang banyak dilalui kendaraan besar maupun kecil tersebut bisa tetap berdiri kokoh di lereng pegunungan berkat adanya senjata trisula yang digunakan sebagai penyangga.

Trisula tersebut, konon “disusupi” tiga siluman ular, kera, dan harimau. Katanya, bila ada orang yang angkuh, sombong, dan tak mempercayai keberadaan mereka, maka dia akan didatangi langsung mahluk tak kasat mata.

5. Tikungan angker
Jalan Cadas Pangeran memiliki tikungan angker. Sebab, sering terjadi kecelakaan di tikungan tersebut. Salah satunya adalah kecelakaan yang menimpa mobil berisi sekelompok perempuan yang hendak berwisata ke Sumedang.

Tak hanya itu, banyak pula kendaraan yang mendadak mati mesin ketika melintasi tikungan tersebut. Kemudian ada pula  beberapa pengemudi mobil melihat sekelompok perempuan di kursi belakang mobilnya yang tiba-tiba muncul dan menghilang begitu saja.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai Jalan Cadas Pangeran yang belakangan menjadi viral. Namun, mitos maupun misteri tersebut dikembalikan kepada kepercayaan Anda masing-masing. Dengan banyaknya kejadian tersebut, yang menjadi penting adalah kewaspadaan dari kita sebagai pengendara. Semoga bermanfaat.



(NAI)

Berita Terkait