Bukan Sedang Dibicarakan, Ternyata Ini Penjelasan Telinga Terasa Panas

Ilustrasi Telinga/Pexels Ilustrasi Telinga/Pexels

Dadali: Mungkin Anda pernah mendengar mitos atau omongan orang tua, jika telinga kita panas artinya sedang ada yang membicarakan kita. Bahkan, dalam kepercayaan satu etnis tertentu jika daun telinga terasa panas adalah sebuah pertanda akan datangnya suatu hal, entah itu hal yang baik maupun hal yang kurang baik.

Ternyata, jika dilihat dari sisi ilmu kedokteran ada banyak pemicu yang membuat kuping kita terasa panas lho. Dihimpun dari Alodokter.com berikut penjelasannya.

1. Perubahan suhu

Mungkin ini adalah penyebab yang paling umum. Jika kita berada di tempat dengan suhu yang sangat dingin, telinga dapat menjadi panas lho. Ini merupakan mekanisme tubuh untuk menyesuaikan diri dengan suhu sekitar.

Saat kondisi ini terjadi, pembuluh darah akan menyempit sehingga aliran darah ke permukaan tubuh berkurang (vasokonstriksi). Efeknya, telinga Anda menjadi terasa panas dan juga memerah.

2. Sinar matahari

Telinga panas juga dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain terasa panas, telinga yang terkena sinar matahari juga akan berubah warna menjadi merah dan terkelupas kulitnya.

3. Emosi

Selain itu, telinga panas dapat terjadi saat Anda sedang merasa marah, malu, atau cemas. Kondisi ini akan hilang sendirinya setelah emosi Anda kembali stabil.

4. Perubahan hormonal

Selanjutnya perubahan hormon seperti menopause, kemoterapi, atau penggunaan obat juga dapat menjadi pemicunya. Kondisi ini dapat membuat telinga menjadi panas. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk menghindari makanan pedas, alkohol, dan kafein.

5. Perikondritis

Gejala perikondritis menjadi salah satu penyebab telinga terasa panas. Kondisi ini adalah peradangan yang terjadi pada tulang rawan telinga. Gangguan ini dapat menimbulkan gejala daun telinga terasa nyeri, merah, bengkak, dan terasa panas. Luka pada telinga, gigitan serangga, atau riwayat tindakan pembedahan pada daun telinga dapat menyebabkan munculnya gangguan ini.

6. Eritermalgia

Untuk yang terakhir adalah kondisi eritermalgia, kondisi ini dapat dikategorikan sebagai kondisi yang langka dan serius. Kondisi ini dapat membuat telinga panas, kemerahan, dan sakit seperti terbakar. Sakitnya dapat menjadi sangat parah hingga mengganggu aktivitas. Kondisi ini memerlukan penanganan medis dari dokter.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan



(NAI)

Berita Terkait