Pemprov Sumatra Barat Kirim 1,3 Ton Rendang untuk Korban Gempa Cianjur

Gubernur Sumatera Barat Mayheldi memberikan bantuan paket rendang untuk masyarakat terdampak gempa di Pendopo Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). (ANTARA/Devi Nindy) Gubernur Sumatera Barat Mayheldi memberikan bantuan paket rendang untuk masyarakat terdampak gempa di Pendopo Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). (ANTARA/Devi Nindy)

Dadali.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mengirimkan 1,3 ton paket rendang sebagai bantuan makanan kepada masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bantuan paket rendang itu merupakan produk UMKM masyarakat Sumbar.

Selain dari produk UMKM, ada juga rendang yang dibuat oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat.

"Sekarang dalam perjalanan darat, Insya Allah, besok sampai, ini dalam perjalanan, ini baru sebagian yang ada," kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, dikutip dari Antara, Jumat, 25 November 2022.

Menurut Mahyeldi, upaya berbagi itu merupakan salah satu sifat masyarakat Minang. Ketika ada bencana di suatu wilayah, masyarakat Minang pasti akan langsung membantu tanpa diperintahkan.

Terlebih lagi, masyarakat di Sumbar juga pernah beberapa kali mengalami bencana. Di antaranya gempa di Pasaman Barat pada awal 2022 dan gempa bumi serta tsunami di Mentawai pada tahun 2010.

"Nah untuk itulah, ketika saudara-saudara kita di Cianjur mengalami hal yang sama, masyarakat Sumatera Barat prihatin dan sekaligus juga memberikan dukungan bantuan pada hari ini," ucap Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Barat, Ilham Wahab, mengatakan paket rendang yang dikirim tersebut memiliki ketahanan hingga 1 bulan.



(SUR)

Berita Terkait