Proyek Jembatan Walahar Akhirnya Dilanjutkan setelah Mangkrak 3 Tahun

Ilustrasi - Pembangunan jembatan Walahar. (ANTARA/Ali Khumaini/dok) Ilustrasi - Pembangunan jembatan Walahar. (ANTARA/Ali Khumaini/dok)

Proyek Jembatan Walahar Akhirnya Dilanjutkan setelah Mangkrak 3 Tahun

Karawang: Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan melanjutkan pembangunan jembatan Walahar yang mangkrak sekitar tiga tahun. Proyek jembatan ini akan menghubungkan Kecamatan Klari-Ciampel. 

"Insyaallah tak lama lagi, pembangunan jembatan Walahar akan dilanjutkan kembali," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dilansir dari Antara, Senin, 29 Mei 2023. 

Proyek pembangunan pembangunan jembatan ini mulai dibangun sejak 2019. Lanjutan pembangunan jembatan ini sepanjang 130 meter dengan lebar 7 meter. Pemkab menargetkan proyek jembatan ini sudah dapat digunakan masyarakat pada akhir tahun 2023. 

"Jika tak ada halangan, kami targetkan akhir tahun ini jembatan tersebut sudah jadi dan bisa digunakan oleh masyarakat, terutama para pekerja yang berasal dari Klari menuju kawasan industri Ciampel," ucap Celicia.

Dia menerangkan, pemkab tengah menyiapkan pembebasan lahan untuk pembuatan jalan sepanjang 150 meter. Pembebasan lahan ini meliputi 12 bidang milik PJT II, lima bidang hak milik, dan 13 makam. 

Pembebasan lahan tersebut melibatkan tim Kantor Jasa Penilaian Publik (KJPP) untuk menilai secara independen.Tim tersebut akan menilai kelayakan bagi warga dan pembiayaannya oleh APBD II sebesar Rp 3,5 miliar.

Sumber anggaran proyek ini berasal dari Pemprov Jabar, yakni melalui bantuan keuangan Pemprov Jabar, sebesar Rp51 miliar. Rinciannya, pada tahap pertama sudah dibangun dengan menghabiskan anggaran Rp15 miliar. Pada tahap kedua, sebesar Rp36 miliar.



(SUR)

Berita Terkait