HUT RI Tahun Ini Kemungkinan yang Terakhir di Jakarta, Lho Kok Gitu?

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Medcom.id) Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Medcom.id)

Pekan kedua Agustus 2023 baru saja masuk. Itu artinya, sudah semakin dekat dengan HUT RI 17 Agustus 2023, yang akan diselenggarakan di pekan ketiga Agustus.

Sementara, di lain tempat, progress Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, disebut sudah  berkisar 36%.

"Jadi kira-kira sekarang untuk IKN tahap 1 sudah progres di kisaran 34%-35%," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, Selasa, 11 Juli 2023.

Untuk pembangunan Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur sendiri, Jokowi optimis akan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Apabila target itu terlaksana, maka kemungkinan Upacara 17 Agustus 2023 HUT ke-78 RI akan menjadi upacara kemerdekaan yang terakhir dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta. Mengapa, ya?

Sebelumnya, Jokowi sempat menyebut dirinya menargetkan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024 dapat digelar di kawasan tersebut sesuai harapannya. Rencananya itu diketahui memang sudah tercetus sejak jauh-jauh hari.

“Ya, jadi ini, kawasan adalah kawasan istana, Istana Kepresidenan, yang saya optimis tahun depan bulan Agustus (2024), insyaAllah sudah bisa upacara di sini,” kata dia saat ditemui awak media di Menara Pandang, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis, 23 Februari 2023.

Saat ini, Agung menyebut pembangunan Istana Presiden di IKN itu telah mencapai 23% dan berjalan sesuai rencana.

Sebagai informasi, kata Deputi Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, di depan kawasan Istana Presiden di IKN, nantinya akan dibangun plaza dan lapangan upacara.

Agung berharap, lapangan yang akan dijadikan tempat upacara tersebut dapat dirampungkan pada akhir Desember tahun ini. Sedangkan, Istana Negara dan Kantor Presiden mudah-mudahan bisa selesai pada Juli 2024. (Tasneem Khaliqa Israkhansa)



(SUR)

Berita Terkait