Kenali 3 Mitos Diet yang Sering Bikin Kamu Gagal di Tengah Jalan

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Dalam menjalankan program diet, tersedia banyak tips di jagat media sosial yang bisa diikuti. Namun perlu berhati-hati, karena sebagian besar justru malah berisikan mitos tentang diet.

Jika salah langkah dapat membuat proses penurunan berat badan terganggu. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 3 mitos tentang diet.

1. Suplemen dan obat pelangsing

Sebagian orang masih percaya bahwa dengan mengonsumsi pil pelangsing, maka berat badan akan turun semudah membalikkan telapak tangan. Padahal hasil studi dari The Annals of Internal Medicine mengungkap bahwa suplemen dan obat pelangsing justru berbahaya bagi kesehatan, dan berisiko kanker. 
Kadar air dan mineral akan terkuras, sehingga membuat tubuh merasa dehidrasi.

2. Makanan hambar membantu penurunan berat badan

Seringkali seseorang malas untuk memulai diet karena rasa takut tidak bisa lagi menikmati makanan cepat saji. Makanan diet justru dipandang sebagai makanan yang tidak kaya akan bumbu. 
Faktanya kamu masih bisa menambahkan garam, gula, dan bumbu lainnya ke dalam masakanmu. Selain itu kamu juga masih diperbolehkan menyantap makanan cepat saji, selagi itu tidak berlebihan.

Baca: Segenggam Asa dari Kincir Angin Mbah Salimin

3. Karbohidrat adalah musuh

Jangan hapus daftar karbohidrat dari diet. Sebab karbohidrat merupakan makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh agar metabolisme dapat berjalan normal.
Karbohidrat justru membuat rasa kenyang lebih lama karena pencernaannya yang lambat.

Setelah mengetahui mitos tentang diet, cobalah untuk lebih bijak dalam menanggapi informasi yang beredar. Jangan sampai informasi yang didapatkan malah mengundang malapetaka bagi tubuh. (Raissa Oktaviani)



(RAO)