146,5 Juta Warga Indonesia Terima Vaksin Covid-19 Dosis Dua

Ilustrasi: Medcom.id Ilustrasi: Medcom.id

Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan jumlah warga Indonesia yang telah menerima vaksinasi covid-19 dosis dua mencapai 146,5 juta lebih per Jumat, 4 Maret 2022. Percepatan vaksinasi nasional terus dilakukan sebagai bentuk strategi menekan penyebaran covid-19.

"(Sebanyak) 146.577.204 orang menerima vaksin dosis kedua atau setara 70,37 persen," tulis data Kemenkes, dikutip dari Medcom.id, Sabtu, 5 Maret 2022.

Baca: 2 Tahun Indonesia Hadapi Pandemi, 10,2 Juta Orang Telah Disuntik Vaksin Booster

Juru bicara Kemenkes Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan capaian vaksinasi dosis dua menjadi upaya penanganan dan pencegahan pandemi covid-19. Efektivitas vaksinasi masih tinggi untuk mencegah gejala berat hingga kematian.

Sejak 21 Januari-26 Februari 2022 dari 5.013 pasien covid-19 yang meninggal, masih didominasi pasien yang belum lengkap vaksinasinya. Vaksinasi juga sangat diperlukan bagi kelompok lanjut usia (lansia), komorbid, dan anak-anak yang terhitung rentan bergejala berat saat terkonfirmasi positif covid-19.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menargetkan sebanyak 70 persen masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi. Agar masyarakat bisa Lebaran dengan sejumlah kelonggaran.

"Kalau bisa sebelum Lebaran, yaitu akhir April 2022. Kita selesaikan dua dosis 70 persen dari populasi," ujar Budi dalam telekonferensi, Minggu, 27 Februari 2022.

Baca: Belum Maksimal, Pemkab Bekasi Terus Lakukan Vaksinasi Lansia

Mantan Wakil Menteri BUMN mengungkapkan pemerintah tidak menutup kemungkinan memberikan kelonggaran kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa merayakan Lebaran dengan lebih leluasa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tapi dengan kondisi percepat vaksin dosis kedua," terang dia.



(UWA)

Berita Terkait