12 Orang Tewas pada Kecelakaan Bus di Tol Cipali, Disebabkan Supir Hilang Kendali

Kecelakaan bus PO Handoyo di ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). (ANTARA/HO-WAG) Kecelakaan bus PO Handoyo di ruas Tol Cipali, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (15/12/2023). (ANTARA/HO-WAG)

Bandung: Kepolisian Daerah Jawa Barat menyatakan kecelakaan bus PO Handoyo menewaskan 12 penumpang, diduga terjadi akibat pengemudi kehilangan kendali. Kecelakaan tersebut terjadi di ruas exit Tol Cipali.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo, menjelaskan bahwa setibanya di tempat kejadian, bus oleng dan tidak terkendali.

"Diduga pengemudi kurang antisipasi sehingga kendaraan oleng tidak terkendali menabrak guardrail. Selanjutnya kendaraan terbalik miring, roda kiri di atas di badan jalan menghadap arah selatan," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Ibrahim Tompo dilansir dari Antaranews.com pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Sementara itu, Tompo melaporkan pengemudi bus PO Handoyo sudah diamankan. Para korban meninggal dan mengalami luka dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

Tompo menuturkan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 15.15 WIB pada tikungan dekat Gerbang Tol Cikopo, Bungursari, Kabupaten Purwakarta. 

Bus tersebut kehilangan kendali, menabrak pembatas jalan, dan terguling di tempat kejadian, menyebabkan ruas jalan tertutup dan menimbulkan kemacetan panjang.

Diperkirakan bus tersebut mengangkut sekitar 20 penumpang, dengan sebagian diantaranya terpental keluar saat kecelakaan, sementara sebagian lainnya masih terhimpit di dalam bus. 

Tompo menyampaikan bahwa akibat kecelakaan tersebut, 12 orang tewas dan tujuh orang mengalami luka ringan. Evakuasi bus dilakukan dengan menggunakan alat berat untuk mencegah kemacetan yang semakin parah.

 


(SUR)

Berita Terkait