Antisipasi Banjir, Bupati Cianjur Pasang CCTV di Bantaran Sungai

Bupati Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri) Bupati Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

Cianjur: Bupati Cianjur, Herman Suherman melakukan instalasi kamera pengawas atau CCTV khusus. Tepatnya, di sepanjang bantaran sungai yang rentan terkena banjir di wilayah perkotaan Cianjur. 

Tujuan pemasangan CCTV di sepanjang sungai guna mempermudah tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam pengawasan. 

Herman menjelaskan bahwa selain memantau tingkat pendangkalan, CCTV ini juga bertujuan untuk memonitor aktivitas masyarakat dan mencegah pembuangan sampah sembarangan ke sungai.

"CCTV ini berfungsi untuk memudahkan tugas BPBD dan dinas terkait di Pemkab Cianjur dalam melakukan pengawasan dan pemantauan, termasuk mengawasi warga yang tinggal di sepanjang bantaran sungai agar tidak membuang sampah ke aliran sungai," ucap Herman dilansir dari Antaranews.com pada Jumat, 29 Desember 2023.

Faktor penyebab banjir tidak hanya terkait pendangkalan sungai, tetapi juga tumpukan sampah yang menghalangi aliran sungai dan selokan di pemukiman warga. 

Harapannya, pemasangan CCTV di sepanjang sungai dapat membantu BPBD. Dinas terkait juga melakukan antisipasi dan penanganan cepat terhadap potensi banjir di wilayah perkotaan yang rawan.

Herman menyatakan bahwa jumlah CCTV yang akan dipasang masih dalam perhitungan. Saat ini, beberapa CCTV sudah terpasang di sepanjang Sungai Cianjur, dengan rencana penambahan di bantaran anak sungai. 

Herman juga mengajak warga untuk berpartisipasi dalam upaya antisipasi dengan tidak membuang sampah ke sungai dan selokan. Juga menghindari pendirian bangunan di atas sungai untuk mencegah penyempitan dan pendangkalan sungai.

"Ini merupakan tugas bersama dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal terutama perkampungan di bantaran sungai. Ketika antisipasi dilakukan, tentunya banjir tidak akan lagi melanda perkotaan dan wilayah lainnya di Cianjur," kata Herman.
 



(SUR)

Berita Terkait