5 Tips Konsumsi Makanan Sehat Hemat Budget

Ini tips praktis untuk konsumsi makanan bergizi. (Foto: Ilustrasi/Pexels.com) Ini tips praktis untuk konsumsi makanan bergizi. (Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

Diet mencakup banyak sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak penting untuk menjaga kesehatan yang baik. Terutama bagi mereka yang menderita diabetes. 

Makan sehat merupakan kunci untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran sasaran kesehatan. Namun, kadang-kadang, untuk mengonsumsi makanan bergizi membuat pengeluaran bertambah.

Meskipun bahan makanan tak mewah atau dengan anggaran yang terbatas, tak berarti nutri harus dikorbankan. Dengan sedikit pengetahuan dan perencanaan, Anda bisa menikmati makanan bergizi tanpa menguras dompet. 

Dilansir dari Gaya.id pada Jumat, 30 September 2022, ada lima tips yang dapat menghemat anggaran belanja di rumah dan tetap sehat.

1. Rencanakan resep

Membuat rencana makan akan membantu untuk memudahkan menyiapkan menu untuk esok hari. Serta, bisa membantu menghindari belanja berlebihan. Rencanakan menu sesuai kemauan yang dapat dikonsumsi keluarga. Buat menu untuk minimal waktu per minggu.

Merencanakan menu makan juga membuat tak terlalu banyak makanan yang tersisa. Secara perlahan, kebiasaan ini bisa membantu mengurangi limbah makanan rumah tangga.

Selain itu, merencanakan menu mingguan bisa meningkatkan kemungkinan dapur dan lemari es penuh dengan bahan-bahan sehat untuk membuat makanan seimbang yang membantu menjaga kadar gula darah.

2. Belanja sesuai daftar

Seusai merencanakan makan untuk satu minggu, buat daftar belanja dengan bahan-bahan yang dibutuhkan. Mempunyai daftar belanja membuat belanja lebih mudah dan lebih. Hal ini tentunya akan membantu mengurangi pembelian impulsif dan hanya membawa pulang barang-barang yang dibutuhkan.

Apabila belanja kacang-kacangan atau biji-bijian, pertimbangkan untuk membeli dalam jumlah besar guna menghemat uang dan menjaga dapur tetap lengkap untuk perencanaan makan di masa mendatang

3. Beli beku atau kaleng

Untuk buah-buahan dan sayur-sayuran, dapat memilih beku dan kalengan sebagai alternatifnya. Serta, harganya juga lebih murah dan dapat bertahan lebih lama. Banyak sayuran dan buah beku, bahkan mempunyai kemasan yang bisa ditutup kembali. Sehingga bisa digunakan sesuai yang dibutuhkan dan menyimpan sisanya.

Ketika memilih opsi kalengan, memilih yang mengandung air, bukan sirup adalah opsi terbaik. Pilih pilihan tanpa saus atau cari kemasan yang bertuliskan “lightly sauced” guna menghindari tambahan gula, garam, dan kalori kosong.

4. Konsumsi sayuran sehat dan murah

Terdapat banyak jenis sayuran yang dapat diperoleh dengan harga murah. Namun, kualitas yang dimiliki tidak kalah super. Salah satunya adalah buncis, di mana kandungan proteinnya dapat menjadi alternatif murah meriah untuk asupan protein dari daging, ikan, maupun ayam. Dengan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang juga tinggi, buncis dapat membuat kesehatan pencernaan lebih baik.

5. Cobalah menanam sayuran

Menanam buah dan sayuran sendiri merupakan cara yang bagus untuk menghemat uang dan mendapatkan produk segar. Bahkan, apabila tak mempunyai halaman untuk menanam kebun, bisa dengan menanam buah, sayur, atau rempah-rempah yang dapat tumbuh dalam pot di teras atau balkon. Mempunyai persediaan produk segar yang konstan di rumah supaya bisa menghemat uang belanja.

 

BACA: Awas! Kurangi Konsumsi Makanan Manis Agar Terhindar dari Diabetes



(UWA)

Berita Terkait