Merasa Boros? Yuk Mulai Gaya Hidup Minimalis

Ilustrasi Medcom.id. Ilustrasi Medcom.id.

Dadali: Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa selama ini ia hidup dalam keborosan. Sering kali membeli barang yang tidak dibutuhkan saat sedang iseng membuka jendela e-commerce.

Semakin dewasa, justru kita harus piawai dalam mengelola keuangan dan hidup hemat. Salah satu langkahnya adalah dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

Mengutip dari Breakthewitch, minimalis merupakan konsep saat seseorang menjalani kehidupan dengan barang sesedikit dan sederhana mungkin. Namun demikian dapat bermanfaat secara maksimal.

Baca: Pemprov Jabar Distribusikan Bansos ke Warga Pangandaran

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan mengapa kamu harus memulai gaya hidup minimalis.

Mengurangi beban pikiran

Memiliki barang dengan kuantitas yang sedikit, membuat pikiran seseorang tak harus terbebani akan kehilangan sesuatu. Selain itu, dengan kerapian peletakan barang membuat lebih mudah diingat.

Menghemat pengeluaran 

Perlu menjadi catatan bahwa hidup minimalis bukan berarti biaya yang dikeluarkan sedikit. Justru karena fokus pada barang yang memiliki fungsi maksimal, pengeluaran akan besar.

Namun biaya itu tidak berlangsung terus-menerus. Karena barang yang dimiliki fungsional, nyaman, dan dapat bertahan lama. Dengan begitu, dalam perhitungan jangka panjang pengeluaran akan jauh lebih hemat.

Adanya ruang untuk hal yang lebih penting

Apakah kamu memiliki banyak pakaian yang jarang digunakan? Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, hal tersebut dapat dikurangi. Lemari yang tadinya penuh akan memiliki ruang untuk hal-hal yang dibutuhkan.

Itulah beberapa poin yang dapat menjadi alasan untuk memulai gaya hidup minimalis. (Raissa Oktaviani)



(RAO)