BMKG Prediksi Potensi Cuaca Ekstrem Pada Liburan Natal dan Tahun Baru

Tangkapan layar kondisi cuaca di Indonesia. (ANTARA/HO-BMKG) Tangkapan layar kondisi cuaca di Indonesia. (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta: BMKG mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem selama satu minggu ke depan, bertepatan dengan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menyebut cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan suhu panas terik eksis hingga awal 2024.

"Hujan intensitas lebat dan potensi suhu panas terik masih dapat terjadi di sebagian wilayah Indonesia," ucap Guswanto dilansir dari Antaranews.com pada Senin, 25 Desember 2023.

Guswanto menjelaskan potensi hujan lebat dan suhu panas terik dapat dipicu oleh beberapa fenomena dinamika atmosfer. Sirkulasi angin di Laut China Selatan (LCS) masih menjadi penghambat aliran massa udara basah dari Asia ke wilayah Indonesia. Sehingga, peluang hujan lebat cenderung terkonsentrasi di wilayah Pulau Sumatra dan Kalimantan Barat.

Sirkulasi angin di LCS juga secara tidak langsung berdampak pada kurangnya potensi pertumbuhan awan di wilayah selatan ekuator. Analisis potensi dinamika atmosfer dan adanya sinyal aktif fenomena gelombang Rossby di wilayah selatan ekuator dalam sepekan ke depan.

Wilayah dengan potensi hujan sedang hingga lebat meliputi sebagian wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua.



(SUR)

Berita Terkait