Banyak Manfaat, Praktikkan Posisi Tidur Anjuran Rasulullah Ini

Ilustarsi Tidur. Sumber: Freepik Ilustarsi Tidur. Sumber: Freepik

Dadali:  Sebagai umat Muslim sebaiknya kita mengikuti semua anjuran Rasulullah SAW. Begitu pula dengan cara tidurnya, walaupun terdengar sederhana namun posisi tidur dari Rasulullah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho.

Adapun menurut anjuran dari Rasulullah SAW, posisi tidur yang baik adalah tubuh miring ke kanan. Penjelasan Rasulullah SAW tersebut diriwayatkan dari hadis Bukhari.

"Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk salat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan." (HR. Bukhari)

Baca juga: Sebelum Tidur, Lakukan 5 Amalan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Manfaat tidur miring ke kanan

Ternyata kebiasaan Nabi Muhammad SAW dengan tidur miring ke kanan menunjukkan berbagai manfaat untuk tubuh kita. Tidur dengan posisi miring ke kanan juga metode medis yang paling disarankan.

Selain itu, tidur dengan posisi ini juga banyak diteliti, seperti sebuah studi yang berjudul "Comparison of Effect of 5 Recumbent Positions on Autonomic Nervous Modulation in Patients With Coronary Artery Disease."

Tidur miring ke kanan dapat menurunkan aktivitas sistem saraf, sehingga detak jantung dan tekanan darah dapat menurun. Dengan begitu tidur miring ke kanan baik untuk melindungi kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, tidur miring ke kanan membuat lambung kita berada dalam kondisi nyaman. Posisi seperti ini membantu mempercepat proses pengosongan lambung.

Posisi ini juga memudahkan sekresi yang berupa cairan lendir pada bronkus (cabang paru-paru) sebelah kiri.

Itulah beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh Anda jika mengikuti posisi tidur Rasulullah SAW. Semoga kita sebagai umatnya senantiasa terus mengikuti anjuran darinya, semoga bermanfaat.



(NAI)