Bikin Heboh, YouTuber Ini Bikin Museum Dukun Santet di Cirebon

Sumber: YouTube Sumber: YouTube

Dadali:  Pernahkah Anda membayangkan bagaimana para dukun santet bekerja? Atau penasaran menggunakan benda apa saja dalam praktiknya? Jika iya, museum ini akan cocok nih buat Anda. Sebab, museum ini bukan sembarang museum, lho.

Museum Dukun Santet, yap, Anda tidak salah baca. Museum ini dibuat oleh seorang YouTuber kondang dari Kabupaten Cirebon, Ujang Busthomi. Kang Ujang sapaan akrabnya, memang dikenal dengan konten edukasi seputar ilmu hitam dan juga hal gaib.

Untuk lokasinya, museum ini berada di komplek wisata Talaga Langit, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk mencapainya, Anda harus melewati pintu pendek di bawah pagar bambu. Kemudian, Anda akan menyusuri tangga menuju ke area museum yang luasnya sekitar seribu meter persegi itu.

Di museum tersebut, seluruh ornamen tampak menggantung pada pepohonan untuk menambah kesan menyeramkan. Anda juga bisa melihat ratusan boneka anak hingga kain putih menyerupai hantu pocong di setiap sudut.

Baca juga: Menggenggam Batu dapat Menahan Keinginan BAB, Yakin?

Pesan dakwah

Usut punya usut, Kang Ujang membangun Museum Dukun Santet guna memberi pesan edukatif pada khalayak, lho.

"Museum ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, karena sekarang masyarakat lebih takut kepada hal-hal klenik dan gaib, orang takut disantet, takut setan, padahal itu salah, takut hanya kepada Allah," ujar Kang Ujang, dikutip dalam tayangan YouTube Mang Bendoel-90, Selasa, 7 Desember 2021.

Dalam museumnya, Kang Ujang ingin menunjukkan juga boneka-boneka yang biasa untuk mencelakakan orang (boneka santet) itu tidak ada apa-apanya. "Initnya agar masyarakat hanya takut satu, yakni kepada Allah Swt," tegasnya.

Bagaimana, apakah Anda tertarik dan berani mengunjunginya? Semoga bermanfaat.



(NAI)

Berita Terkait