Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Cianjur, Getaran Terasa hingga Sukabumi

Illustrasi: Medcom.id Illustrasi: Medcom.id

Cianjur: Gempa bumi dengan magnitudo 4,0 mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat, sekitar pukul 12.34 WIB pada Rabu, 29 Maret 2023. Hingga saat ini, BPBD setempat belum menerima laporan kerusakan akibat terjadinya gempa.

"Kami belum menerima laporan adanya kerusakan dampak dari gempa itu," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, dikutip dari Medcom, Rabu, 29 Maret 2023.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada pada koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,08 Bujur Timur. Pusat gempa berlokasi di darat pada jarak enam kilometer arah Barat Daya Cianjur. Sementara itu, kedalamannya sekitar 10 kilometer.

Rahmat menjelaskan gempa yang terjadi pada siang hari tadi menimbulkan guncangan dengan skala intensitas III-IV MMI di Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Artinya, getaran dirasakan oleh orang-orang di rumah dan beberapa orang di luar rumah. Gempa juga dapat menyebabkan gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Sementara itu, getaran dengan skala III MMI terasa di Sukaresmi, Sabandar, Cibodas, Cipanas, dan Rancagoong. Getaran terasa nyata di dalam rumah, seperti ada truk yang lewat.



(SUR)

Berita Terkait