Catat! 5 Makanan dan Minuman Ini Dapat Memicu Migrain

Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com

Jakarta: Migrain kerap digambarkan seperti denyutan parah pada satu sisi kepala. Migrain dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk makanan dan minuman. 

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang dipicu gangguan saraf dalam otak. Selain rasa sakit di kepala yang intens, penyakit ini juga sering disertai mual, muntah, hingga peningkatan sensitivitas terhadap cahaya dan suara.

Ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat memicu migrain. Dirangkum dari Gaya.id, berikut ulasannya:

1. Alkohol

Berdasarkan sebuah studi, lebih dari 35 persen partisipan dengan migrain melaporkan bahwa alkohol adalah pemicunya. Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi, yang merupakan faktor utama timbulnya sakit kepala.

 

2. Cokelat

Cokelat merupakan jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein dan beta-phenylethylamine. Keduanya dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

Menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai pemicu paling umum serangan migrain setelah alkohol. Sekitar 22 persen orang mengaku, cokelat membuatnya migrain.

 

3. Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh dipercaya dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala. Oleh karena itu, jenis minuman ini harus dikonsumsi dalam batas wajar.

 

BACA: Awas Penyakit Saat Cuaca Tak Menentu, Ini Tips Jaga Kesehatan Tubuh

 

4. Makanan mengandung MSG

Monosodium glutamat (MSG) merupakan garam natrium dari asam glutamat. MSG banyak ditemukan dalam makanan sebagai aditif makanan.

Berdasarkan American Migraine Foundation, MSG dapat memicu episode migrain parah pada 10-15 persen penderita migrain.

 

5. Makanan asin

Mengonsumsi natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah. Rasa nyeri pun dapat menyerang kepala Anda.



(SUR)

Berita Terkait