Alami Sakit Tenggorokan? Coba Atasi dengan 6 Pengobatan Rumahan Ini

Foto: Freepik.com Foto: Freepik.com

Dadali: Bukan orang Indonesia namanya kalau enggak suka makanan yang digoreng. Gorengan sudah sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia sejak dahulu. Bahkan, gorengan juga menjadi salah satu jajanan favorit para pekerja dan mahasiswa untuk mengawali hari.

Di balik sensasi gurih, tekstur renyah, dan suara ‘kriuk’ dari gorengan, terdapat dampak buruk yang akan dialami tubuh jika mengonsumsinya secara berlebihan. Salah satu reaksi umum yang biasa dialami orang ketika sering memakan gorengan, yakni sakit tenggorokan.

Tentunya, rasa nyeri, tidak nyaman, atau kering pada tenggorokan akan menganggu seseorang dalam beraktivitas. Terlebih, sakit tenggorokan menjadi salah satu gejala covid-19 yang bisa membuat kita semakin khawatir.

Baca juga: Diajukan Jadi Warisan Budaya UNESCO, Berikut 6 Manfaat Tempe yang Perlu Diketahui

Agar sakit tenggorokan tidak berkelanjutan, ada baiknya kalian menggunakan obat yang dijual bebas di apotek. Bersamaan dengan perawatan obat, kalian juga bisa mempertimbangkan pengobatan alami. Dilansir dari berbagai sumber, berikut berbagai obat alami yang bisa kalian konsumsi untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan.

1. Madu

Dari segudang manfaat yang bisa didapatkan dari madu, ternyata madu juga disebut ampuh dalam mengatasi sakit tenggorokan. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa obat alami ini lebih efektif meredakan batuk ketimbang obat yang mengandung dextromethorphan (DM).

Cara membuat obat alami ini juga mudah. Campurkan dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Madu memegang peranan untuk menenangkan, sementara jus lemon bisa mengatasi hidung tersumbat. Kalian juga bisa menikmati madu dengan roti sebagai olesannya.

2. Air garam

Air garam mungkin tidak langsung meredakan nyeri usai kita mengonsumsinya. Tetapi, air garam tetap merupakan obat yang efektif untuk membunuh bakteri sekaligus mengencerkan lendir dan meredakan nyeri. Kalian cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam 250 mililiter (ml) air hangat. Kemudian, gunakan larutan itu untuk berkumur.

3. Peppermint

Peppermint sudah dikenal ampuh untuk menyegarkan napas. Semprotan minyak peppermint yang diencerkan juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Kok bisa ya? Ternyata kandungan mentol pada peppermint dapat mengencerkan lendir dan meredakan nyeri tenggorokan serta batuk. Tak hanya itu, peppermint juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang mampu meningkatkan penyembuhan.

Perlu diingat, jangan pernah menggunakan minyak esensial tanpa mencampurkannya denan minyak pembawa, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kepala. Khusus peppermint, campurkan lima tetes minyak esensial dengan satu ons minyak pembawa. Selain itu, sangat dilarang untuk menelan minyak esensial.

4. Saus pedas

Mungkin kebanyakan dari kalian tidak menyangka bahwa pendamping makanan satu ini dapat meredakan sakit tenggorokan. Tetapi, saus pedas ternyata telah terbukti bisa meredakan nyeri pada tenggorokan. Saus pedas terbuat dari paprika yang mengandung capsaicin tinggi. Sehingga dapat digunakan untuk melawan peradangan. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yakni campurkan beberapa tetes saus pedas ke dalam segelas air hangat. Lalu, berkumurlah dengan larutan itu.

5. Bawang putih

Jangan remehkan bentuknya yang kecil, siapa sangka ternyata bawang putih memiliki sifat antibakteri alami. Bahan makanan satu ini mengandung alicin, senyawa organosulfer yang dikenal mampu melawan infeksi.

Bahkan, mengonsumsi suplemen bawang putih secara rutin disebut dapat mencegah virus flu biasa. Hal ini diungkap oleh StudiesTrusted Source. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan kalian juga dilakukan untuk mendapatkan khasiat antimikroba.

6. Teh kamomil

Secara alami, teh kamomil dapat menenangkan. Teh satu ini digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti menenangkan sakit tenggorokan sejak dahulu. Selain itu, teh kamomil juga sering digunakan karena sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan zatnya.

Baca juga: Mengumpat Ternyata Dapat Memberikan Manfaat, Apa Sajakah Itu?

Menghirup uap kamomil juga bisa membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Meminumnya, juga akan mendatangkan manfaat yang sama. Tak hanya itu, teh kamomil juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

 



(SYI)

Berita Terkait