Peringatan Hari Santri Nasional, Pemkab Bogor Gelar Acara 'Bogor Bersholawat'

Bupati Bogor Ade Yasin. Medcom.id/Rizky Bupati Bogor Ade Yasin. Medcom.id/Rizky

Dadali: Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan menggelar acara 'Bogor Bersholawat' pada Jumat, 22 Oktober 2021. Puncak peringatan HSN 2021 itu akan dibarengi dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah.

Selain acara selawat, Pemkab Bogor juga turut menyelenggarakan vaksinasi massal di sejumlah kecamatan. Sejumlah kegiatan dan lomba juga semakin memeriahkan rangkaian Hari Santri Nasional 2021.

“Puncak HSN 2021 juga akan diisi dengan kegiatan vaksinasi massal serentak di 40 kecamatan, serta pengumuman pemenang lomba video Nadzom Alfiyah Virtual dan Musabaqoh Qiroatil Kutub 2021. Nantinya akan dipilih 10 orang pemenang yang memenuhi kriteria, dengan hadiah masing-masing sebesar Rp20 juta,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin, melalui keterangan tertulis, Rabu, 20 Oktober 2021.

Ade juga menginstruksikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN Kabupaten Bogor yang beragama Islam mengenakan busana ala santri. Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran Sekretaris Daerah (Sekda) per 18 Oktober 2021 Nomor 061-763-Org tentang Penggunaan Pakaian Pada Hari Santri Nasional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Baca: Siswa Terpapar Covid-19, PTM di Depok Disetop Sepekan

"Diwajibkan berbusana ala santri, yakni pakaian muslim gamis untuk perempuan. Pakaian muslim pria menggunakan sarung, baju koko, serta peci," dikutip dari bogorkab.go.id.

Untuk ketentuan pakaian selain umat muslim yakni menggunakan baju bebas, rapi, dan sopan. Sementara untuk perangkat daerah yang melaksanakan tugas operasional atau lapangan dikecualikan, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, petugas penanggulangan bencana pada BPBD, petugas kesehatan dan tenaga medis pada Dinas Kesehatan. (Raissa Oktaviani)



(RAO)

Berita Terkait