Gempa Cianjur Terasa Hingga ke Bandung, Waspada Gempa Susulan!

Ilustrasi--Seismograf, alat pencatat getaran akibat gempa bumi. (ANTARA/Shutterstock/pri) Ilustrasi--Seismograf, alat pencatat getaran akibat gempa bumi. (ANTARA/Shutterstock/pri)

Dadali.id: Gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang barat daya Cianjur pada Senin, 21 November 2022, siang ini. Getarannya dilaporkan terasa hingga ke sejumlah wilayah, termasuk DKI Jakarta hingga Bandung. 

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), gempa yang pusatnya berasal dari kedalaman 10 km itu getarannya dirasakan pada skala V MMI di Cianjur, IV-V MMI di Garut dan Sukabumi, serta III MMI di Cimahi, Lembang, Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor dan Bayah.   

"Di sini terasa gede banget, terus kabarnya di sini juga ada beberapa bangunan warga yang rusak," kata salah seorang warga Cianjur, Desi Wahyuning, dikutip dari Antara, Senin, 21 November 2022.

Getaran akibat gempa yang terjadi pukul 13.21 WIB tersebut juga dirasakan pada skala II-III MMI di Rancaekek, Tangerang Selatan, DKI Jakarta, dan Depok. 

Meski tidak berpotensi menimbulkan tsunami, BMKG mengimbau warga mewaspadai kemungkinan terjadi gempa susulan.

 



(SUR)

Berita Terkait