Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi Hari Ini

Illustrasi: Medcom.id Illustrasi: Medcom.id

Bogor: Jalur kereta api di antara Stasiun Bogor Paledang dan Batutulis telah selesai diperbaiki, setelah sempat terdampak longsor. PT Kereta Api Indonesia pun memastikan kereta api Pangrango lintas Bogor-Sukabumi dapat kembali beroperasi melayani penumpang pada Kamis, 16 Maret 2023.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, menjelaskan salah satu upaya yang difokuskan agar layanan kereta api (KA) Pangrango kembali normal ialah dengan melakukan sejumlah penguatan konstruksi jalan rel, khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor.

"Setelah dilakukan uji coba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi beberapa kali dilakukan maka sejak Kamis dini hari jalur dinyatakan aman untuk operasional KA," tutur Eva dikutip dari Medcom, Kamis, 16 Maret 2023.

Pada Kamis, 16 Maret 2023, dari total enam perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya, hanya satu KA yang dibatalkan, yaitu KA 213 relasi Sukabumi-Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB.

"Untuk calon penumpang pada KA Pangrango yang terdampak pembatalan telah diberikan informasi melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket," katanya.

Calon penumpang diarahkan untuk melakukan proses pembatalan tiket di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi dengan penggantian bea tiket 100%. Proses pembatalan juga dapat dilakukan hingga tujuh hari ke depan.

Sementara itu, lima perjalanan KA Pangrango lainnya dapat kembali beroperasi secara normal. Berikut jadwal KA Pangrango pada Kamis, 16 Maret 2023. 

Keberangkatan Stasiun Bogor

- KA 216C dengan jadwal keberangkatan pukul 08.20 WIB

- KA 218C jadwal keberangkatan pukul 14.20 WIB

- KA 214C jadwal keberangkatan pukul 19.50 WIB.

 Keberangkatan Stasiun Sukabumi

- KA 215B jadwal keberangkatan pukul 11.25 WIB

- KA 217B jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB.

Di sisi lain, Eva mengaku pihaknya masih memperbaiki jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter 

"Upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan," ujarnya.



(UWA)

Berita Terkait