Awas! Ini Bahaya Atap Rumah Bocor Jika Dibiarkan

Ilustrasi atap bocor/ Sumber: unpaders.id Ilustrasi atap bocor/ Sumber: unpaders.id

Dadali:  Memasuki musim penghujan seperti saat ini, terdapat salah satu permasalahan yang hampir dialami oleh setiap masyarakat. Salah satunya adalah atap rumah yang bocor.

Tidak sedikit dari kita yang merasa atap bocor merupakan hal sepele. Namun, permasalahan atap bocor adalah suatu permasalahan serius yang harus mendapat perhatian ekstra lho.

Terlebih saat intensitas hujan tinggi, atap yang bocor menjadi hal yang menjengkelkan. Bahkan, jika kondisi semakin memburuk hal yang dianggap sepele tadi dapat menjadi sangat membahayakan untuk penghuninya.

Jika tidak segera diperbaiki, kebocoran atap dapat berkembang menjadi masalah lain yang jauh lebih besar dan lebih berbahaya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini bahaya yang akan muncul ketika atap bocor tidak segera diatasi:

1. Menggenang dan membuat lantai licin
Bahaya atap bocor yang pertama dan paling dirasakan oleh banyak orang adalah menyebabkan genangan, hal ini tentu berpotensi membuat penghuni rumah menjadi jatuh terpeleset karena licin.

Jika di rumah terdapat anak kecil yang senang berlarian, tentu ini sangat berbahaya. Jika memang ada kebocoran sekecil apapun di atap rumah, sebaiknya segera diperbaiki.

2. Merusak atap
Tak hanya membuat licin, bahaya atap bocor yang paling jelas adalah memicu kerusakan di bagian atap dan cat dinding. Jika tak kunjung diperbaiki, kerusakan yang tadinya kecil dapat semakin membesar.

Baca juga: Terkuak! Ini Cara Rice Cooker Mengetahui Nasi Sudah Matang

3. Dinding menjadi lapuk dan berjamur
Dalam jangka panjang, jika kebocoran tidak diatasi, akan memicu pertumbuhan jamur dan lumut pada dinding, furnitur, hingga bagian interior rumah lainnya.

Jika jamur sudah menjangkiti rumah, maka penyebarannya akan sulit dikendalikan.

4. Korsleting hingga kebakaran
Dampak yang cukup serius akibat kebocoran atap yang tidak segera diselesaikan akan menimbulkan kebakaran apabila terdapat sistem kelistrikan di bagian atap yang terkena.

Kebakaran timbul akibat rembesan air dari atap yang bocor yang  bisa memicu korsleting pada kabel-kabel listrik.

Jika rumah Anda terdapat kebocoran dan tak yakin dengan keamanan kelistrikan rumah, ada baiknya lakukan pemeriksaan oleh teknisi kelistrikan yang kompeten.

Itulah beberapa bahaya akibat membiarkan atap rumah yang bocor, ada baiknya segera lakukan perbaikan pada atap rumah Anda yang bocor, sebab hal tersebut bukanlah hal yang sepele. Semoga bermanfaat.



(NAI)

Berita Terkait