Komunitas Produsen Digandeng Wujudkan Kabupaten Bandung Surga Kopi

Pebisnis kopi menampilkan produknya pada acara Coffee Festival 2022 di Dome Balerame, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/8/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi) Pebisnis kopi menampilkan produknya pada acara Coffee Festival 2022 di Dome Balerame, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/8/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Dadali.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggandeng komunitas produsen kopi guna menjadikan Kabupaten Bandung sebagai surga bagi para pecinta kopi di Jawa Barat. Salah satunya dengan menggelar Coffee Festival 2022.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana, mengatakan pengembangan kopi di Jawa Barat tidak terlepas dari peran kabupaten Bandung sebagai produsen kopi. Menurutnya, 50 persen lahan kopi di Jawa Barat ada di Kabupaten Bandung.

"Momen ini diharapkan bisa dijadikan ajang kolaborasi untuk semua unsur dalam memajukan Kabupaten Bandung dari berbagai sektor," kata Cakra, dikutip dari Antara, Kamis, 25 Agustus 2022. 

Cakra mengatakan, pada 2022, akan dibangun Centre of Excellence yang merupakan pusat bisnis dan edukasi kopi sebagai pilot project korporasi petani Indonesia di Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung. Menurutnya, pusat bisnis itu bakal rampung pada 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung, Wawan A Ridwan, mengatakan festival tersebut digelar untuk memperkenalkan kopi asal Kabupaten Bandung.

Pada festival tersebut nantinya ada lima kelompok tani kopi yang terlibat. Selain menghadirkan produk kopi yang sudah siap dicicipi, festival itu juga menampilkan cara memproses kopi dari hulu hingga ke hilir.



(SUR)

Berita Terkait