Kolotok Bambu, 'Senjata' Urang Sunda Semangati Atlet Jabar di PON Papua

Sumber: Modemku.com Sumber: Modemku.com

Dadali: Terlihat ada yang berbeda dalam unggahan Instagram Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dalam mendukung atlet Jabar yang sedang berjuang di PON XX Papua 2021. Dia terlihat memainkan sebuah mainan tradisional khas Sunda secara bersamaan saat mendukung tim polo air Jabar.

Diketahui alat yang mengeluarkan suara unik itu bernama kolotok bambu. "Alat ini (kolotok bambu) adalah mainan bambu yang dibawa kontingen Jabar untuk menyemangati para atlet yang sedang bertanding," tulis Kang Emil sapaan akrab Ridwan kamil melalui akun Instagramnya @ridwankamil, dikutip pada Senin, 11 Oktober 2021.

Dihimpun dari Gooday.id, kolotok bambu merupakan suatu benda yang terbuat dari bambu. Alat ini digunakan sebagai penanda yang dapat menghasilkan bunyi atau suara khas.

Baca juga: Jabar Pimpin Klasemen PON Papua, Ridwan Kamil: Gaskeun!

Terdapat dua versi kolotok yang kerap ditemukan. Pertama, kolotok yang diproduksi sebagai mainan daerah khas Sunda yang dimainkan Kang Emil untuk mendukung atlet Jabar. Versi kolotok kedua kerap dipasangkan untuk hewan peliharaan atau ternak seperti kerbau, domba, kambing, dan sapi.

Kolotok untuk hewan berfungsi mendeteksi keberadaan hewan tersebut. Tidak selalu menggunakan bambu, kolotok untuk hewan juga dapat dibuat dari pohon nangka yang sudah tua. Jenis ini dipilih agar menghasilkan bunyi yang khas.

Walaupun menghasilkan suara khas yang kurang lebih sama, namun bentuk dari kedua versi kolotok tersebut relatif berbeda. Jika versi mainan berbentuk tabung dan memiliki gagang. Kolotok untuk hewan berbentuk setengah lingkaran dan oval.



(NAI)