Mantap Pisan! Purwakarta Dinobatkan Sebagai Kabupaten Layak Anak 2022

Gapura Purwakarta. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta) Gapura Purwakarta. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

Dadali: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menobatkan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 Kategori Madya. Prestasi serupa juga pernah diperoleh pada tahun sebelumnya saat Purwakarta dinobatkan sebagai KLA Kategori Pratama.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan sejumlah indikator penilaian dari Kementerian PPPA sudah dievaluasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. Indikator itu di antaranya pemenuhan hak anak. 

"Untuk pemenuhan hak anak, Purwakarta sudah memenuhi sejumlah klaster yang ditentukan, yang pertama adalah proses kelembagaan. Alhamdulillah kita sudah ada Perda KLA, ada pembentukan perangkat daerah atau dinas terkait, yaitu Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," kata Anne dikutip dari Antara, Minggu, 24 Juli 2022.

Anne terus mendorong pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak-anak Purwakarta. Misalnya, akte lahir, kartu tanda anak, kesehatan dasar, dan kesejahteraan. Selain itu juga ada belasan puskesmas yang sudah ditetapkan dan terakreditasi sebagai puskesmas ramah anak. 

Hampir seluruh sekolah di semua tingkatan juga berkomitmen untuk menjadi sekolah ramah anak. Purwakarta sendiri mendapatkan penghargaan KLA pada acara Anugerah Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2022 yang digelar secara virtual di Aula Janaka, Jumat malam, 22 Juli 2022.

Penghargaan KLA diberikan Kementerian PPPA kepada kabupaten/kota yang memiliki sistem pembangunan hak dan perlindungan khusus anak secara menyeluruh, berkelanjutan, dan terencana.



(SUR)

Berita Terkait