AS Klaim Vaksin Pfizer Aman dan Efektif untuk Anak Usia 5-11 Tahun

Vaksin covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. (AFP) Vaksin covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. (AFP)

Dadali:  Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengatakan bahwa vaksin Pfizer dosis anak efektif dalam mencegah gejala infeksi covid-19 pada usia 5 hingga 11 tahun. Pernyataan tersebut disampaikan FDA  saat Amerika Serikat (AS) mulai mempertimbangkan opsi vaksinasi covid-19 bagi anak usia sekolah dasar.
 
Analisis tersebut diunggah menjelang pertemuan publik pekan depan, yang akan digelar untuk memperdebatkan apakah vaksin tersebut aman bagi 28 juta anak-anak usia 5-11 tahun di seluruh AS.

Dalam analisisnya, para ilmuwan FDA menyimpulkan manfaat Pfizer jauh melebihi efek sampingnya di kalangan anak usia 5-11 tahun.
 
Sebelum membuat keputusan final, FDA akan terlebih dahulu meminta pernyataan dari jajaran penasihat independen pada Selasa mendatang.
 
Melansir Medcom.id, jika FDA memberikan izin untuk Pfizer di kalangan anak usia 5-11 tahun, maka Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) akan membuat rekomendasi tambahan mengenai siapa yang bisa menerima vaksinasi covid-19 pada awal November.

Baca juga:  Pfizer dan Moderna Perluas Studi Vaksin pada Anak Usia 5-11 Tahun
 
Anak-anak usia 5-11 tahun di AS disebut dapat memulai vaksinasi mulai awal bulan depan sehingga mereka dapat melewati perayaan Natal tahun ini dengan aman.
 
Sebelumnya, vaksin Pfizer sudah direkomendasikan untuk anak usia 12 tahun ke atas di AS. Namun, banyak dokter anak dan orang tua di AS masih menanti keputusan FDA terkait manfaat vaksinasi untuk anak usia 5-11 tahun.
 
Kajian terbaru FDA menguatkan pernyataan Pfizer, yang menyatakan bahwa dua dosis vaksin mereka hampir 91 persen efektif dalam mencegah gejala covid-19 di anak-anak usia 5-11 tahun.



(NAI)

Berita Terkait