Pakai 5 Bahan Ini Untuk Hilangkan Anosmia Usai Terjangkit Covid-19

Ilustrasi jahe-Freepik Ilustrasi jahe-Freepik

Dadali: Kehilangan indra penciuman dan perasa atau sering disebut dengan anosmia merupakan gejala yang sering dialami oleh pasien covid-19. Bahkan, anosmia bisa bertahan cukup lama pada beberapa pasien walau sudah dinyatakan negatif.

Tentu hal tersebut membuat tidak nyaman dan menghilangkan selera makan. Jangan khawatir, Tim dadali.id telah merangkum beragam bahan yang dapat ditemukan di rumah untuk mengobati hilang indra penciuman.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 5 bahan yang dapat mempercepat penyembuhan anosmia:

1. Bawang putih

Terkenal dengan aromanya yang menyengat, bawang putih diklaim dapat menjadi obat untuk menyembuhkan indra penciuman.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menyiapkan dua hingga tiga potong bawang putih, lalu cincang ke dalam air.

Setelahnya, rebus bahan tersebut sampai matang dan biarkan bahan tersebut dingin, kemudian diminum. Lewat kandungan sifat anti-inflamasi pada senyawa bawang putih, maka diharapkan bisa membantu mengobati hidung yang tersumbat.

2. Jahe

Kedua, jahe dinilai mampu meningkatkan kembali indra penciuman. Caranya, ambil sepotong jahe kupas dan kunyah perlahan. Mulai untuk mengunyah potongan jahe secara berkala.

Jika tidak bisa mengunyah potongan jahe secara langsung, bisa konsumsi dengan teh jahe. Lakukan ini setiap hari. Dengan aromanya yang kuat, jahe dinilai dapat meningkatkan indra penciuman dan rasa.

Baca juga: Kenali 3 Mitos Diet yang Sering Bikin Kamu Gagal di Tengah Jalan

3. Lemon & madu

Selanjutnya Anda dapat mencoba dengan ramuan lemon dan madu. Dengan menambahkan lemon dan madu ke dalam cangkir dipercaya dapat membantu penyembuhan anosmia.

Caranya, dengan meminum campuran tersebut untuk mengobati indra penciuman yang hilang. Seperti yang kita tahu, aroma lemon ini memiliki bau dan rasa yang sangat kuat, sehingga aroma tersebut sangat ampuh mengobati anosmia.

4. Air garam

Bahan selanjutnya adalah garam dan air yang dilarutkan. Dengan mencuci hidung dengan air garam bisa membantu mengeluarkan lendir dari rongga.

Caranya yakni dengan menyemprotkan larutan tersebut menggunakan suntikan medis tanpa jarum ke satu lubang hidung. Lakukan hal ini setiap hari agar hidung bersih dan penciuman bisa segera kembali, Lakukan beberapa langkah di atas secara rutin agar indera penciuman bisa cepat terangsang dan kembali.

5. Daun mint

Untuk bahan yang dipercaya dapat membantu mengembalikan indra penciuman dan perasa terakhir adalah daun mint. Caranya dengan merebus daun mint untuk dijadikan olahan teh.

Kemudian Anda dapat meminumnya 2-3 kali sehari, tergantung seberapa berat gejala anosmia yang Anda derita.

Selain 5 bahan di atas, Anda juga bisa membaca Journal of the American Medical Association (JAMA) berjudul "Olfactory Dysfunction in covid-19 Diagnosis and Management". Jurnal itu membahas cara mengatasi anosmia akibat covid-19 lewat cara melatih indra penciuman.



(NAI)

Berita Terkait