Harga Pangan di Karawang Naik Jelang Natal dan Tahun Baru 2021

Petugas dinas pangan melakukan pengecekan kualitas cabai merah dan pengecekan harga di Pasar Baru Karawang, Selasa, 15 Desember 2020. MI/Cikwan Suwandi Petugas dinas pangan melakukan pengecekan kualitas cabai merah dan pengecekan harga di Pasar Baru Karawang, Selasa, 15 Desember 2020. MI/Cikwan Suwandi

Dadali: Sejumlah harga komoditas pangan di beberapa pasar di Karawang, Jawa Barat mengalami kenaikan menjelang Natal dan Tahun Baru 2021. Beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga, yakni cabai dan ayam.

“Tadi kita sudah melakukan pengecekan. Ditemukan sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan,” kata Sekretaris Tim Pengawas Pangan Terpadu Kabupaten Karawang, Kadarisman, usai menggelar sidah di Pasar Baru Karawang pada Selasa, 15 Desember 2020.

Berikut daftar harga dari beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar di Karawang:

1. Cabai merah: Rp56 ribu per kilogram

2. Cabai rawit merah: Rp45 ribu per kilogram

3. Telur ayam: Rp28 ribu per kilogram

4. Daging ayam: Rp45 ribu per ekor

Di saat cabai dan ayam mengalami penaikan, harga daging sapi justru mengalami penurunan. Kini, harga daging sapi menjadi Rp110 ribu dari harga sebelumnya, yakni Rp118 ribu.

Para pedagang di Pasar Baru Karawang menyebutkan alasan di balik naiknya harga cabai dan ayam. Menurut mereka, penyebabnya akibat kelangkaan barang dari daerah sentra.

“Seperti cabai ini, karena kondisi panen di petaninya yang menyebabkan kelangkaan. Untuk ayam tadi, kita dengarkan sama juga terjadi kelangkaan di wilayah Subang,” jelasnya.

Melihat kondisi tersebut, Kadarisman menganggap pemerintah belum perlu melakukan operasi pasar murah (OPM). Sebab, harga masih terbilang fluktuatif dan aman.



(SYI)

Berita Terkait