Susah Diet? Ini 8 Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Ilustrasi diet. freepik Ilustrasi diet. freepik

Banyak orang sulit menurunkan berat badan meski sudah melakukan diet ketat. Padahal ada berbagai cara mudah untuk menurunkan berat badan tanpa menyiksa dirimu sendiri.

Kamu tak perlu lagi menerapkan diet yang terlalu ketat karena nyatanya cara seperti itu tidak efektif. Ada beberapa cara mudah menurunkan berat badan yang tidak menyiksa, tapi efektif. Yang pasti, kamu butuh komitmen dan disiplin dalam menjalaninya, agar berat badanmu turun dan mencapai berat badan ideal.

Berikut delapan cara mudah menurunkan berat badan yang bisa kamu terapkan tanpa harus menyiksa diri dengan diet ketat, dikutip dari berbagai sumber.

1. Minum air sebelum makan

Sebuah penelitian dari University of Birmingham membuktikan minum dua gelas air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat makan. Minum air sebelum makan dapat membuatmu lebih cepat merasa kenyang.

Keinginan untuk melahap makanan dalam jumlah banyak dapat berkurang, sehingga kalori yang masuk dalam tubuh lebih sedikit. Selain bikin lebih cepat kenyang, minum air putih sebelum makan juga membantu memperlancar sistem metabolisme.

Alhasil, cara mudah ini bisa menurunkan berat badan kamu dalam jangka waktu panjang. Kalau kamu tidak mau repot mengikuti berbagai aturan diet ketat, kamu bisa membiasakan diri minum air putih sebelum makan. Ini bisa jadi langkah awal buat kamu yang ingin perut lansing.

2. Jangan lupa sarapan

Saparan adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan mudah. Dengan sarapan rutin, keinginan untuk mengonsumsi makanan atau camilan yang tidak sehat jadi berkurang.

Menurut profesor fisiologi manusia dari Universitas Bath, Inggris, Javier Gonzalez, orang yang rutin sarapan biasanya memiliki berat badan lebih ringan dibanding orang yang tidak sarapan. Mereka juga cenderung lebih sehat dan lebih aktif secara fisik.

"Yang jelas, dengan mengonsumsi sarapan secara teratur, seseorang cenderung lebih aktif secara fisik," kata Gonzalez.

Membiasakan diri sarapan juga akan membuat rasa lapar di siang hari berkurang. Efeknya, keinginan untuk makan banyak saat makan siang juga turut berkurang.

3. Konsumsi makanan yang tepat

Mengonsumsi makanan berprotein dan berserat selama menjalani program penurunan berat badan amat disarankan. Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi.

Pilih sumber protein yang sehat untuk tubuh, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan, dan keju. Selain makanan protein, kamu juga harus memperbanyak konsumsi makanan berserat.

Makanan berserat rendah kalori dan dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Makanan berserat yang bisa kamu konsumsi antara lain sayur, buah, makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

4. Makan dalam porsi kecil

Berdasarkan penelitian dari seorang filsuf Belgia abad ke-19, Joseph Delboeuf, makan dengan memakai piring atau mangkuk kecil dapat menurunkan berat badan. Sebab piring kecil akan memberikan ilusi bahwa kamu makan dengan porsi banyak.

Sementara, makan dengan piring besar akan membuat kamu merasa kurang mendapat asupan makanan. Jadinya, kamu bakal terus menambah porsi asupan makanan kamu.

Makan dengan piring kecil dapat membuat kamu terbiasa makan dengan porsi sedikit. Sehingga, jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuhmu juga akan berkurang.

Makan dengan porsi kecil namun sering, yaitu 4-5 kali sehari, lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan. Ketimbang makan dalam porsi besar sebanyak 3 kali sehari.

5. Makan secara perlahan

Makan secara perlahan dan santai juga dapat mendukung penurunan berat badan. Kebiasaan makan seperti ini dapat membuat tubuh mengirim sinyal kenyang ke otak, sebelum kamu menghabiskan terlalu banyak makanan.

Makan secara perlahan juga membuat kinerja metabolime tubuhmu lebih cepat dan lancar. Alhasil, kamu juga menjadi lebih sehat.

6. Tidak perlu menghindari makanan tertentu

Kamu tidak perlu menghindari makanan yang kamu suka selama melakukan berbagai cara ini. Jika kamu menjauhi makanan kesukaanmu, keinginan untuk mengonsumsinya malah jadi lebih kuat.

Kamu pun bakal jadi kelabakan saat tiba waktunya kamu ingin makan makanan kesukaanmu. Jadi kuncinya bukan menjauhi, tapi membatasi.

7. Tidur cukup

Selain menjaga pola makan, kamu harus memastikan waktu tidurmu tercukupi dengan baik. Waktu tidur yang cukup yakni antara 7-9 jam tidur.

Kalau kamu kurang tidur, produksi hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan dapat meningkat. Efeknya, kamu akan mengonsumsi makanan dengan kalori tinggi dalam jumlah banyak. Tentu ini akan membuat program penurunan berat badanmu jadi berantakan.

8. Olahraga

Cara satu ini sudah pasti efektif menurunkan berat badan. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu membakar kelebihan kalori dalam tubuh. Sebab, kalori yang berlebih itu tidak bisa serta merta dipangkas hanya dengan menjalani diet.

Olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda selama 30 menit sudah cukup membantu menurunkan berat badan. Asalkan, olahraga ini kamu lakukan secara rutin.

Kamu dapat mempraktikkan delapan cara mudah di atas sebagai bagian dari pola hidup sehat. Jangan tergoda melakukan berbagai diet ketat yang cepat menurunkan berat badan. Selain berisiko menganggu kesehatan, diet ketat malah membuat berat badan mudah naik kembali. Silakan dicoba dan tetap semangat, ya!



(CIA)

Berita Terkait