Sering Panas-Panasan? Ini Tips Melindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Apakareba: Akhir-akhir ini, cuaca panas disertai sinar matahari yang menyengat makin sering terasa. Meski sinar matahari berperan sebagai sumber vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuh kita, terdapat juga dampak negatif yang dirasakan bila seseorang sering terpapar sinar matahari. Salah satunya yaitu rambut menjadi kering.

Cuaca panas yang membuat seseorang menjadi lebih berkeringat akan memicu sel-sel rambut kekurangan cairan. Kondisi itu akhirnya membuat rambut kita menjadi kering dan rusak. Tak hanya itu, radiasi ultraviolet dari sinar matahari juga akan membakar melanin yang membawa pigmen berwarna hitam. Alhasil, rambut menjadi berwarna cokelat kemerahan. 

Baca juga: Jangan Main HP Terus! Berikut 8 Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan Tanpa Gawai

Lalu, bagaimana jika kita terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan ketika cuaca sedang panas-panasnya? Jangan khawatir, dilansir dari Tresemme, berikut lima cara melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

1. Menggunakan sunscreen untuk rambut

Kata siapa sunscreen hanya bisa diaplikasikan pada kulit? Faktanya, rambut juga memerlukan sunscreen untuk melindunginya dari paparan sinar matahari lho. Hair sunscreen biasanya berupa spray atau styling cream

Gunakan hair sunscreen secara rutin, terutama bila kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Selain melindungi, hair sunscreen juga akan menjaga kelembapan alami rambut kalian sepanjang hari. Jadi, kalian jangan khawatir masalah rambut terlihat kering dan kusam. Pilihlah hair sunscreen yang teksturnya ringan dan sesuaikan dengan karakteristik rambut kalian.

2. Kenakan topi 

Banyak yang tidak sadar, tetapi topi merupakan salah satu aksesoris pakaian yang wajib kalian punya. Selain mempercantik penampilan, topi juga akan bermanfaat sewaktu kalian harus beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Supaya lebih nyaman, pilihlah topi yang bahannya nyaman dan sejuk agar kalian tidak mudah berkeringat. Perlu diketahui, pastikan rambut kalian dalam keadaan yang sudah kering dan bersih sebelum mengenakan topi ya! Hal ini perlu diperhatikan karena rambut yang masih basah akan berbau tidak sedap bila tertutup topi dalam waktu lama.

3. Jangan lupa menggunakan kondisioner setelah keramas

Tidak semua orang rajin menggunakan kondisioner setelah keramas. Tetapi, bagi kalian yang ingin melindungi rambut agar tidak rusak, kondisioner menjadi item wajib yang perlu digunakan. 

Selain melembapkan rambut, kondisioner juga bermanfaat untuk melindungi rambut kalian dari sinar matahari. Lebih baik bila kalian memilih kondisioner yang mengandung keratin atau argan oil yang efektif mempertahankan kilai alami rambut. Selain itu, keratin juga berperan sebagai asupan protein yang penting untuk rambut. 

4. Jangan malas, yuk gunakan masker rambut

Ketika sibuk beraktivitas, sering kali kita lupa meluangkan waktu untuk merawat rambut. Cobalah sisihkan waktu sebentar untuk menggunakan masker rambut. Hal ini penting dilakukan karena paparan sinar matahari berisiko membuat rambut kita menjadi kering dan kekurangan nutrisi. Dengan menggunakan masker rambut, maka rambut akan ternutrisi dengan baik. Rambut juga akan terlihat lebih sehat dan tidak rentan kering. 

Baca juga: Jangan Minder! Ini 5 Alasan Wanita Lebih Menyukai Pria Gemuk

5. Jadilah vampir pada siang hari

Kebanyakan orang yang bekerja di perkantoran pasti lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam ruangan. Kendati demikian, kalian tetap harus waspada ketika harus beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Ada baiknya kalian berteduh atau menggunakan jaket yang memiliki hoodie untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Hal ini bertujuan agar paparan sinar matahari tidak langsung mengenai rambut.



(SYI)

Berita Terkait