Benarkah Kadinkes Kota Bandung Dicopot Karena Naiknya Kasus Covid-19?

Pelantikan Pejabat di Lingkungan Pemkot Bandung. (foto: istimewa) Pelantikan Pejabat di Lingkungan Pemkot Bandung. (foto: istimewa)

Dadali: Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita, telah dicopot dari jabatannya oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Pencopotan Rita dilakukan di saat kasus covid-19 terus naik dalam sebulan terakhir.

Tetapi kalian jangan berpikir yang aneh-aneh dulu ya!

Pergantian kepala dinas kesehatan ini bukan karena lonjakan kasus covid-19, melainkan untuk penyegaran di lingkungan Dinkes Kota Bandung. Itulah yang menjadi alasan kenapa rotasi jabatan tersebut dilakukan.

Oded membantah apabila rotasi jabatan kepala dinkes itu dikaitkan dengan kembalinya Kota Bandung berstatus zona merah. “Enggak, untuk penyegaran saja, namanya rotasi, mutasi, sekaligus promosi itu hal biasa,” jelas Oded, seperti dilansir dari Medcom.id.

Posisi Rita digantikan oleh Ahyani Raksanegara yang pernah menjabat sebagai kepala Dinkes Kota Bandung saat Ridwan Kamil menjabat sebagai wali kota. Oded memimpin langsung acara pergantian kepala dinas dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu, 16 Desember 2020.

Diharapkan, setelah dilakukan penyegaran, Dinkes Kota Bandung dapat menekan penyebaran covid-19. “Mudah-mudahan bisa lebih meningkatkan kerja sama di tengah pandemi covid-19,” tutur Oded.

Selain melantik Ahyani, Oded juga melantik sejumlah pejabat eselon II, di antaranya Anton Sunarwibowo dari Kepala Diskominfo menjadi Kepala Bappelitbang, Yayan Ahmad Brilyan dari BKPP menjadi kepala Diskominfo, Tatang Muhtar dari DP3APM menjadi kepala Disdukcapil, Bambang Suhari dari kepala Bagian Hukum menjadi kepala Distaru, dan Sigit Iskandar dilantik menjadi sekretaris Dispora.



(SYI)

Berita Terkait