Ini 5 Tips Bangkitkan Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

ilustrasi pekerja. Foto MI/Ramdani ilustrasi pekerja. Foto MI/Ramdani

Dadali: Libur Lebaran telah usai, lagi-lagi kita dihadapkan pada kenyatakan harus kembali masuk kerja. Pasti bawaannya bakal malas dan terkadang bikin bad mood.

Wajar sih kita jadi malas kerja setelah libur panjang Lebaran kemarin. Apalagi, libur Lebaran tahun ini tidak semenyenangkan tahun-tahun sebelumnya karena Indonesia masih dilanda pandemi covid-19.

Biar gak loyo, kamu  harus tahu tips yang tepat agar tetap semangat kerja usai libur panjang. Menurut Nadia Octavia dari KlikDokter, merasa malas kembali bekerja usai liburan panjang disebut dengan Post Vacation Blues.

Baca juga: Awal Mula Mudik, Tradisi Tahunan Masyarakat Indonesia

Semakin lama libur, kamu akan semakin lama merasakannya. Post Vacation Blues dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, perasaan nostaligia akan momen liburan, bahkan pada beberapa kasus bisa berujung depresi.

"Hal ini dapat terjadi karena ketika kembali ke rumah dan menjalani rutinitas, kamu menyadari betapa kehidupan sangat membosankan dan tidak menarik," kata Nadia.

Kondisi ini bisa hilang seiring berjalannya waktu. Tapi kalau kasus yang cukup ekstrem, Post Vacation Blue bisa membuat kamu depresi selama berminggu-minggu. Lalu apa saja sih yang bisa kamu lakukan biar terlepas dari Post Vacation Blue ini? Simak tipsnya dilansir dari berbagai sumber.

1. Bersihkan rumah dan meja kerja

Barang-barang yang berantakan di rumahmu dan timbunan pekerjaan yang belum selesai bisa membuat kamu jadi malas kerja. Solusinya, segera bereskan.

Kamu juga bisa merapikan meja kerja kamu sebelum liburan. Jadi setelah kamu masuk lagi ke kantor dan melihat meja bersih, kamu bisa kembali bersemangat kerja.

2. Bekerja secara perlahan

Jika pekerjaan menumpuk menantimu, jangan panik dan tetaplah tenang. Kamu bisa kerjakan pekerjaanmu secara perlahan, mulai dari yang paling prioritas terlebih dahulu.

Kamu enggak perlu terlalu buru-buru menyelesaikan pekerjaan karena memang mood dan pikiranmu belum sepenuhnya fokus usai libur panjang. Saat terburu-buru, kamu malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan karena adanya kesalahan.

Jika kamu merasa terkendala dalam menyelesaikan pekerjaan, enggak ada salahnya minta bantuan rekan kerja. Siapa tahu kamu jadi belajar memecahkan masalah baru dengan bantuan rekan kerjamu itu, loh.

Baca juga: Susah Kurus? Simak 5 Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

3. Berkumpul dengan teman

Setelah libur Lebaran, kamu bisa mulai meluangkan waktu berkumpul dengan teman-temanmu yang sudah lama tidak bersua. Kamu bisa segera menjadwalkan acara makan siang, makan malam, atau sekadar di rumah teman untuk berbincang-bincang.

Berkumpul dengan teman bisa membantumu melupakan sejenak tumpukan pekerjaan yang menunggumu. Ini juga bisa mengobati lukamu yang enggak bisa mudik Lebaran saat libur Lebaran kemarin.

4. Santai sejenak dan lakukan hobimu

Untuk menghilangkan penat karena masalah pekerjaan, kamu juga mesti membuat perencanaan agar tubuh kembali riles. Kamu bisa meluangkan waktumu dengan santai sejenak dan melakukan hobimu.

Jangan terlalu terburu-buru stres memikirkan tumpukan pekerjaan usai liburan. Tubuh dan otakmu butuh menyesuaikan diri dengan rutinitas biasa yang sudah kamu tinggalkan akibat libur Lebaran kemarin.

5. Rencanakan liburan selanjutnya

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di The Journal Applied Research in Quality of Life, merencakan liburan dapat membuat kamu lebih bahagia, loh. Jadi lakukanlah perencanaan selanjutnya.

Kamu yang sudah memiliki target liburan ke depan akan membuat kamu terpacu dalam bekerja. Sebab, kamu butuh uang tambahan biar bisa liburan seperti yang kamu inginkan itu.



(CIA)

Berita Terkait