Demi Kebaikan Bersama, Wakil Presiden Minta Vaksinasi di Jawa Barat Ngebut

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. MI/Adam Dwi Wakil Presiden Ma'ruf Amin. MI/Adam Dwi

Dadali: Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, memerintahkan agar pemberian vaksinasi kepada masyarakat di Jawa Barat dipercepat. Hal itu bertujuan agar masyarakat mendapat perlindungan serta menciptakan kekebalan komunitas (herd immunity).

“Mengenai percepatan vaksinasi saya sarankan agar selalu dikoordinasikan dari kalangan Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dengan Pemerintah Provinsi (Jawa Barat) agar distribusi dan targeting berjalan sesuai dengan sasarannya,” kata Ma'ruf dalam konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jakarta, Kamis, 22 Juli 2021.

Menurut Data Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat (Pilkobar), kasus konfirmasi positif harian menyentuh 536.000 kasus per 21 Juli 2021. Jawa Barat menyumbang total kasus nasional sebanyak 18 persen.

Sampai kini, Jabar berada di urutan kedua dengan kasus positif covid-19 tertinggi di Indonesia. Maka dari itu, Ma'ruf mengimbau agar penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) lebih optimal.

Meskipun masih terdapat sektor esensial dan kritikal yang boleh beroperasi seperti pedagang, namun Ma'ruf menyebut perlu adanya pengawasan ketat terkait protokol kesehatan.

“Perlu pengaturan dan pengawasan supaya mereka bisa berdagang tapi tidak menjadi klaster covid-19,” katanya, melansir Medcom.id.

Baca: Wapres Perintahkan Daerah Percepat Penyerapan Anggaran Covid-19

Ma'ruf berpesan di tengah situasi pandemi, kerja keras dan kerja sama sangat diperlukan. Dia meminta koordinasi pemerintah pusat dan daerah ditingkatkan sehingga tidak terjadi perbedaan data maupun perbedaan pandangan.



(RAO)

Berita Terkait