Perayaan Idulfitri, Lalu Lintas di Kawasan Puncak Bogor Lengang

Situasi kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis siang, 13 Mei 2021. Medcom.id/ Rizky Dewantara Situasi kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis siang, 13 Mei 2021. Medcom.id/ Rizky Dewantara

Dadali: Tepat hari ini, seluruh umat Islam di Indonesia merayakan hari kemenangan setelah sebulan lamanya menunaikan ibadah puasa. Biasanya, kawasan padat wisata seperti di Puncak Bogor, Jawa Barat, ramai saat Idulfitri. Tetapi tahun ini berbeda, arus lalu lintas di kawasan Puncak Bogor masih terpantau lengang pada pukul 10.00 WIB, Kamis, 13 Mei 2021. Tidak terlihat adanya antrean kendaraan yang panjang dari arah Jakarta menuju Puncak Bogor maupun sebaliknya.

Pantauan di lokasi, arus lalu lintas di Jalan Raya Tajur, Simpang Ciawi, Gadog, hingga Pasar Cisarua yang kerap menjadi titik kemacetan masih sepi dari antrean kendaraan.
 
Antrean kendaraan di jalur Puncak Bogor hanya terjadi di Kecamatan Cipayung dan Megamendung, karena adanya masjid yang digunakan warga untuk salat Idulfitri.
 
"Untuk kendaraan dari arah pintu keluar Tol Ciawi terpantau sepi, karena kendaraan yang melintas di Simpang Gadog menuju Puncak Bogor mayoritas melalui jalur biasa bukan lewat Tol," kata Kasat Lantas Polres Bogor, Iptu Dicky Pranata, saat dihubungi Medcom.id.
 
Dicky menyatakan untuk arus lalu lintas pada malam takbiran atau Rabu malam, memang ada peningkatan volume kendaraan dari arah Bogor menuju Puncak dan Cianjur.
 
Menurutnya mayoritas kendaraan roda dua yang melintas masuk ke arah Puncak Bogor melalui jalur-jalur tikus. Karena di pos penyekatan Simpang Gadog pihaknya telah meminta, kurang lebih sembilan ribu kendaraan untuk putar balik.
 
"Ribuan kendaran yang terjaring razia, kendaraan roda empat dan roda dua dengan plat nomor polisi selain F," ujarnya. (Rizky Dewantara)



(SYI)

Berita Terkait