Antisipasi Macet, Jalur Menuju Puncak-Cipanas dari Cianjur Ditutup

Ilustrasi/Medcom.id Ilustrasi/Medcom.id

Dadali: Jalur menuju Puncak-Cipanas mulai dari bundaran Tugu Lampu Gentur Bypass-Cianjur ditutup Polres Cianjur, Jawa Barat. Penutupan jalan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya macet total di sana seiring tingginya volume kendaraan wisatawan. Sementara, para wisatawan yang menuju Bogor diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Rekayasa penutupan arus menuju Puncak-Cipanas bersifat situasional. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan tajam volume kendaraan di kawasan Puncak menuju Cianjur hingga siang.

"Sifatnya situasional ketika terjadi lonjakan arus di jalur utama Puncak, kita lakukan sejumlah rekayasa termasuk penutupan jalur sementara. Menjelang siang volume kendaraan di jalur tersebut meningkat tajam," kata KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira, Sabtu, 15 Mei 2021, seperti dilansir dari Antara.

Pihaknya akan membuka jalur seperti biasa usai arus kembali normal. Tetapi, apabila antrean kendaraan kembali terjadi, terutama saat tempat wisata mulai tutup dan kendaraan mulai tumpah ke jalur utama, maka jalur tersebut ditutup kembali.

Antrean kendaraan juga sudah mulai tampak di sejumlah jalur menuju tempat wisata. Seperti di pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas, dan Pasar Cipanas. Terlihat, kendaraan yang keluar masuk tempat wisata didominasi kendaraan bernopol Cianjur. Volume kendaraan juga meningkat dari arah Bogor menuju Puncak-Cianjur.

Namun penyekatan tetap dilakukan petugas di perbatasan Puncak Pass, di mana pengendara dengan nopol luar kota tetap menjalani pemeriksaan dan dikembalikan ke daerah asal karena tidak melengkapi perjalanan dengan surat keterangan bebas covid-19 antigen.

"Untuk data sementara, sudah ratusan kendaraan yang dipulangkan karena tidak melengkapi diri dengan surat keterangan bebas covid-19 antigen. Memasuki H+1 Lebaran, volume kendaraan pendatang mulai berbaur dengan warga lokal, sehingga terlihat kepadatan di sepanjang jalur Puncak-Cipanas," tutur Erwin, petugas gabungan di pos penyekatan Puncak Pass.
 



(SYI)

Berita Terkait