100 Unit Mesin Perontok Padi Diberikan Kepada Gapoktan Lakbok

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra berikan 100 unit alsintan kepada Gapoktan Kecamatan Labok, Kabupaten Ciamis, Senin, 28 Desember 2020. (Dok Humas Ciamis) Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra berikan 100 unit alsintan kepada Gapoktan Kecamatan Labok, Kabupaten Ciamis, Senin, 28 Desember 2020. (Dok Humas Ciamis)

Dadali: Pemerintah Kabupaten Ciamis berinisiatif memberikan bantuan berupa 100 unit alat mesin pertanian (alsintan) jenis mesin perontok padi (power thresher) kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) Lakbok. 

Bantuan tersebut merupakan bentuk kerja sama Pemkab Ciamis dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Ciamis. Hal ini dilakukan sebagai wujud pemberdayaan masyarakat tani melalui pengembangan dan pemanfaatan inovasi teknologi tepat guna (TTG).

Penyerahan mesin pertanian dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra di lingkungan Pondok Pesantren Mamba’us Shalihin, Desa Cintarau, Kecamatan, Lakbo. Diharapkan dengan hadirnya 100 unit mesin perontok padi itu, hasil pertanian bisa lebih baik.

Mekanisasi pertanian yang lebih efisien dan efektif juga dapat meningkatkan hasil produksi. Sehingga bantuan alsintan sangat membantu masyarakat atau kelompok tadi di sana.

“Biaya produksi awalnya tinggi dan sekarang lebih murah, karena sejak awal memang banyak petani sewa mesin dan untuk sekarang mereka sudah memiliki mesin sendiri,” kata Yana pada Selasa, 29 Desember 2020, seperti dilansir dari Mediaindonesia.com.

Sektor pertanian ke depannya akan dihadapi oleh tantangan yang semakin kompleks. Jadi diperlukan upaya peringkatan pertanian melalui pengembangan dan penggunaan teknologi ramah lingkungan yang dapat mempermudah pekerjaan serta meningkatkan nilai ekonomi. 

Ketua GP Ansor Kabupaten Ciamis Maulana Sidik menyebutkan bahwa pemberian alsintan akan dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama akan diserahkan sebanyak 100 unit, sedangkan yang kedua sebanyak 185 unit.

Pemberian alsintan bertujuan untuk menghidupi para petani dan meningkatkan lumbung padi, terutama di tengah pandemi covid-19. Selain itu, untuk menggerakkan para pemuda agar bersama-sama meningkatkan pertanian setempat. 

“Pemuda maupun pemudi harus memberikan langkah dan upaya supaya lahan pertanian di Kabupaten Ciamis bisa mengingkatkan hasil produksinya yang lebih baik,” jelasnya.

Semoga dengan adanya bantuan alsintan dari pemerintah setempat, pertanian di Kabupaten Ciamis dapat meningkat ya teman-teman! Selain kualitas dari hasil pertanian akan semakin bagus, hal ini juga bisa meningkatan ekonomi di daerah tersebut. 

Yuk para pemuda-pemudi Indonesia, mari bersama-sama kita tingkatkan pemberdayaan masyarakat tani demi masa depan pertanian yang lebih cerah!
 



(SYI)

Berita Terkait